Posted on

Cara Menyeduh Kopi Robusta Dengan Benar Dan Nikmat

Kopi menjadi minuman yang paling menghangatkan serta bisa mencairkan suasana di dalam hati maupun pikiran. Kopi memang minuman andalan yang sangat disukai karena rasanya yang sangat khas dan mampu membuat tubuh kembali lebih bugar dan segar serta pikiran lebih jernih. Biji kopi memang memiliki jenis sangat beragam dan memiliki rasa yang berbeda bahkan setiap orang memiliki kecenderungan untuk menyukai rasa yang berbeda. Hal itu dikarenakan kopi memiliki rasa yang sudah menjadi ciri khas untuk dinikmati oleh penikmat kopi. Apalagi ketika kopi tawar yang tidak dicampur oleh bahan lainnya baik gula atau susu.

Rasa kopi yang semakin kuat mampu membuat tubuh lebih berstamina dan juga lebih segar serta anda bisa lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan benar. Salah satu jenis kopi yang banyak dikonsumsi dan juga disukai karena rasanya yang sangat enak dan kuat adalah kopi robusta. Kopi robusta adalah jenis kopi yang banyak mengandung kafein lebih besar yaitu 2,7%. Rasa dari kopi robusta memang lebih kuat dan enak dibandingkan jenis kopi lainnya, sebab kandungan kafeinnya yang lebih banyak dan besar. Hal itu pun juga dipengaruhi oleh cara menyeduh kopi robusta yang benar sehingga mampu menghasilkan rasa yang utuh dan enak. Kadar gula yang terdapat di dalam kopi robusta memang lebih rendah dari kopi lainnya. Selain itu, kopi robusta lebih rendah aciditynya dibandingkan kopi arabika.

Maka dari itu, bagi anda yang tertarik dan sangat menyukai dengan segala jenis minuman kopi yang rasanya mampu membangkitkan semangat harusnya perlu untuk selalu memilih menggunakan proses penyeduhan yang terbaik dan benar agar rasanya tetap kuat dan tidak hilang. Cara penyeduhan yang bisa dilakukan memang sangat beragam, banyak sekali coffee shop yang menjual kopi robusta dengan penyeduhan modern sebab sudah memiliki alat menyeduh yang modern. Namun, juga masih terdapat coffee shop yang menjual dengan cara alami tanpa menggunakan alat, namun tetap memiliki rasa yang enak selagi melakukan beberapa hal secara benar. Maka dari itu, kami akan memberikan penjelasan mengenai beragam cara yang bisa dilakukan untuk menyeduh kopi robusta secara benar meskipun menggunakan alat ataupun manual. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyeduh kopi robusta dengan benar yang sesuai dengan keinginan.

Penyeduhan Menggunakan Alat Modern

Salah satu cara untuk menyeduh kopi robusta yang paling banyak yang dilakukan di beberapa coffee shop adalah dengan menggunakan alat yang modern sesuai dengan types of coffee. Alat tersebut memudahkan anda untuk menyeduh kopi dengan beragam jenis dan modelnya. Salah satu alat yang paling banyak terdapat di coffee shop adalah french press, vietnam drip, mokapot, dan v60. Alat tersebut digunakan untuk menyeduh kopi sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sehingga membuat anda tidak perlu ribet untuk menyeduh secara manual sebab sudah terdapat cara yang paling mudah dengan hanya menuangkan biji kopi untuk dihaluskan menggunakan alat hingga menyeduhnya menggunakan alat yang sudah canggih hingga tertuangkan pada gelas cangkir yang siap di sajikan untuk dinikmati.

Selain itu bagi para pecinta kopi banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyeduhnya baik dengan gula atau susu tergantung selera masing-masing. Namun perlu diketahui ketika menggunakan alat tersebut, hasil seduhan yang dihasilkan memang bersih sekali dari ampas kopi sehingga anda bisa menikmati rasa yang utuh dan kuat dari kopi robusta meskipun menggunakan alat modern. Alat tersebut tetap menghasilkan setiap tetesan seduhan kopi yang sangat nikmat sekali serta memiliki rasa yang tetap sama dan hasilnya sangat bagus sekali karena memiliki drip yang mampu menghasilkan sari biji kopi yang utuh.

Penyeduhan Secara Manual

Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara yang manual untuk menyeduhkan kopi robusta agar tetap memberikan rasa yang terbaik dan enak. Meskipun diseduh tanpa menggunakan alat anda tetap akan merasakan kopi yang enak dengan seduhan kopi yang tidak memberikan ampas. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menumbuk biji kopi tersebut hingga halus. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan blender memasak di rumah kalau anda tidak memiliki alat untuk grinding. Setelah biji kopi tersebut sudah sangat halus maka anda perlu cangkir untuk wadah kopi tersebut dan anda harus memasak air sampai mendidih untuk menyeduhnya. Masukan air mendidih pada cangkir yang berisi air setelah itu aduk dan diamkan selama kurang lebih 3 menit. Ampas akan turun ke bawah dan anda perlu untuk menuangkan kopi di gelas lain untuk dinikmati. Selain cara tersebut, anda juga bisa menggunakan cara menyeduh kopi sesuai types of coffee dengan cara yang lainnya yaitu dengan menggunakan filter atau saringan.

Hal itu memudahkan anda untuk menyeduhnya dengan menggunakan saringan pada gelas yang telah terisi kopi dan tuangkan air mendidih untuk menyeduhnya. Kopi tanpa ampas sudah bisa tersaji dengan lebih mudah.  Maka dari itu bagi anda yang sangat menyukai minuman kopi, maka kami sangat menyarankan untuk memiliki takaran yang pas untuk setiap seduhannya agar tetap memiliki rasa dan khasiat yang terbaik.