Posted on

Memiliki Segudang Manfaat, Yuk Intip Cara Menyambungkan HP ke Laptop dengan Mudah

Beragam hal menarik dapat diperoleh dengan mengupdate informasi yang ada. Updetan tersebut juga bisa didapatkan dari berbagai media yang disajikan saat ini. Informasi yang akan kamu peroleh juga sangat beragam. Misalnya adalah informasi berbau teknologi mengenai cara menyambungkan HP ke laptop. Cara yang dapat kamu pilih juga beragam, setidaknya terdapat tiga cara berbeda yang dapat dilakukan dalam hal ini.

Cara untuk Menyambungkan Perangkat HP Android dengan Laptop

  1. Metode untuk Laptop macOS

Salah satu jenis metode yang dapat kamu lakukan adalah untuk jenis laptop yang memiliki sistem berupa macOS. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs Android File Transfer pada Mac. Kemudian, kamu bisa memilih bagian Download Now untuk dapat memperoleh berkas berupa instalasi program untuk laptop Mac tersebut. Selanjutnya buka berkas yang telah berhasil diunduh.

Karena ukuran berkas yang tidak terlalu besar, proses pengunduhan sendiri hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan ialah menarik berkas berupa Android File Transfer untuk menuju ke folder bernama Utilities. Selanjutnya kamu dapat beralih ke bagian dekstop dari laptop Mac yang digunakan sebagai cara menyambungkan HP ke laptop tersebut.

Pilih menu bernama Go pada bagian dekstop tersebut. Kemudian pilih menu berupa Applications di dalam menu Go tersebut. Saat aplikasi pertama kali dipasang, akan muncul pertanyaan pada layar laptop yang kamu miliki. Kamu bisa memilih bagian Open saat pertanyaan tersebut muncul. Kemudian buka kunci layar yang terdapat pada smartphone Android yang kamu miliki.

Setelah itu sambungkan smartphone Android dengan Mac via kebel jenis USB. Selanjutnya buka bagian panel notifikasi yang ada di bagian atas layar ponsel. Ketuk untuk memilih opsi USB yang telah dipasang. Pilih menu berupa File Transer atau Media Transfer yang ada di dalamnya. Dengan cara ini kamu dapat menjelajahi berkas pada Android yang digunakan dengan laptop. Setelah selesai kamu bisa mencabut USB dari kedua jenis perangkat yang digunakan.

  1. Metode untuk Laptop Windows

Cara menyambungkan HP ke laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan Windows. Cara untuk melakukan hal ini juga terbilang mudah untuk dilakuakan. Benda yang diperlukan dalam kegiatan ini juga sama dengan cara yang sebelumnya. Kamu dapat menggunakan kabel USB untuk menghubungkan kedua jenis perangkat berupa laptop dan juga smartphone ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyambungkan smartphone Android dengan laptop tersebut via kabel USB. Kabel USB sendiri juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya adalah untuk mengisi daya atau baterai ponsel Andorid yang kamu miliki. Untuk memperoleh jenis kabel tersebut juga dapat dilakukan dengan mudah saat ini. Pilihan harga yang ada juga beragam, mulai dari harga yang murah hingga yang mahal.

Langkah selanjutnya sebagai cara menyambungkan HP ke laptop adalah dengan membuka panel notifikasi yang terdapat pada smartphone yang dihubungkan. Kamu bisa menarik panel tersebut degan melakukan swipe layar smartphone Android dari atas ke bawah. Kemudian sama seperti cara untuk menyambungkan pada Mac, kamu bida memilih opsi USB yang ditampilkan di panel tersebut.

Pilih menu berupa Media Transfer ataupun File Transfer yang ada pada layar ponsel. Dengan cara ini maka file yang terdapat pada smartpone Andorid yang ada akan dapat ditampilkan pada laptop yang kamu miliki. Jika perangkat telah terpasang dengan benar pada perangkat laptop yang digunakan, biasanya akan muncul notifikasi setelahnya. Notifikasi tersebut akan muncul di bagian bawah layar laptop yang kamu gunakan dalam hal ini.

Kemudian untuk melihat isi folder pada smartphone yang terhubung, kamu dapat membuka jendela laptop dari menu start yang ada. Kamu juga dapat menekan tombol keyboard berupa Windows + E untuk melakukannya secara cepat. Tak hanya cara menyambungkan HP ke laptop yang harus dilakukan dengan benar, untuk memutuskan sambungan juga harus dilakukan dengan cara benar pula. Yaitu dengan menekan menu eject USB terlebih dahulu.

  1. Menggunakan AirDroid for Wireless (Windows dan Mac)

Jika kedua cara yang telah dibahas sebelumnya membutuhkan perangkat berupa USB, maka cara ini akan dilakukan secara wireless. Cara yang ketiga ini akan menggunakan aplikasi bernama AirDroid untuk melakukannya. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk kedua laptop berupa Windows dan juga Mac. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memasang aplikasi AirDroid tersebut terlebih dahulu pada laptop yang digunakan.

Untuk mendaptakan aplikasi ini, kamu bisa mencarinya di Google Play Store secara gratis. Kemudian setelah aplikasi terpasang di smartphone yang kamu miliki, buat akun pada aplikasi tersebut. Cara untuk membuat akun di aplikasi ini juga terbilang cepat dan mudah untuk dilakukan selayaknya membuat akun pada jenis aplikasi yang lainnya. Tak hanya di smartphone saja, aplikasi bernama AirDroid tersebut juga harus diunduh pada laptop yang digunakan.

Cara menyambungkan HP ke laptop tanpa kabel ini baru bisa dilakukan saat kedua perangkat yang digunakan telah memiliki aplikasi AirDroid tersebut. Setelah aplikasi terpasang di laptop, kamu bisa memberi izin akses pada jenis apliksi transfer file tersebut. Sama halnya dengan keadaan jika aplikasi baru yang dipasang di perangkat laptop, pihak Windows akan memberikan notifikasi dan pertanyaan tertentu di bagian layar laptop.

Untuk menggunakannya, kamu dapat membuka aplikasi AirDroid yang terdapat pada laptop dengan akun yang telah dibuat sebelumnya. Setelah masuk ke dalamnya, maka laptop yang ada akan terhubung dengan ponsel yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengirimkan bekas ke smartphone dari laptop dengan cara ini. Sebaliknya, kamu pun dapat mengirimkan berkas ke unit laptop dari smartphone Android yang ada dengan menggunakan aplikasi canggih tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan smartphone atau ponsel yang dimiliki terhadap sebuah laptop. Cara yang melakukannya juga dapat kamu sesuaikan dengan sistem operasi yang terdapat pada laptop yang digunakan. Untuk menghubungkan kedua perangkat tersebut juga bisa dilakukan tanpa menggunakan kabel atau biasa disebut dengan nirkabel. Cara ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi canggih bernama AirDroid.