Posted on

Mudah dan Cepat, Berikut 5 Cara Mengganti Background Foto di Laptop

Mengganti background dari sebuah foto tidak melulu harus menggunakan software sekelas Adobe Photoshop. Apalagi foto yang ingin anda edit, hanya akan digunakan untuk kebutuhan upload di sosial media dan hiburan saja. Selain itu, ketika anda ingin mengedit untuk pas foto, anda bisa menggunakan cara yang lebih sederhana. Terdapat beberapa cara mengganti background foto di laptop. Berikut simak lengkapnya.

Cara Sederhana Mengganti Background Foto

Pixabay.com
  1. Menggunakan Microsoft Word

Tak perlu menggunakan software desain, cukup mengandalkan Miscrosoft Word minimum versi 2010 pun anda bisa mengubah background foto anda. Tools yang dapat digunakan pun sederhana dan cukup mudah digunakan bahkan bagi pemula. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membuka Microsoft Word. Import gambar terlebih dahulu ke Microsoft Word, dengan cara klik tab Insert dan pilih opsi picture. Pilih foto yang ingin anda edit lalu klik insert.

Kemudian hapus background dengan cara klik ganda pada foto lalu pilih remove background. Saat melakukan remove background, anda perlu berhati-hati karena terkadang bagian bawah foto bisa ikut terhapus juga. Untuk menambahkan background baru, anda bisa melakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu dengan menyisipkan kotak baru dengan warna sesuai keinginan. Cara ini cukup fleksibel, karena bisa menambah gambar latar sesuka hati anda.

Kemudian cara kedua adalah dengan cara fill (mengisi) kotak gambar. Dengan klik kanan, dilanjutkan dengan mengisi menggunakan warna sesuai keinginan. Perhatikan langkah untuk cara kedua ini. klik kanan pilih format picture lalu pilih simbol cat dituang. Walaupun kedua cara ini terlihat sederhana, tetapi butuh latihan dalam melakukannya. Agar hasil edit foto lebih baik. Anda juga harus memastikan tidak ada komponen dari foto yang ikutĀ  terhapus.

  1. Menggunakan Paint

Selanjutnya, cara mengganti background foto di laptop bisa menggunakan Paint. Paint ini merupakan fitur bawaan windows. Anda bisa membukanya pada menu Start. Proses mengganti latar belakang foto di Paint, cara kerjanya hampir sama seperti pada umumnya. Yaitu, bagian-bagian tertentu akan kita hilangkan (crop) kemudian nantinya diwarnai ulang. Untuk cut, anda bisa menggunakan tool Selection Shape yang terdapat di menu bagian atas.

Pertama-tama, masukkan foto yang ingin anda edit ke Paint terlebih dahulu. Kemudian, klik Selection Shape lalu pilih Free Form Selection. Dengan menggunakan fitur tersebut, anda bisa menyeleksi bagian-bagian foto yang memisahkan objek dengan background. Lakukanlah secara perlahan, agar hasilnya rapi. Jika anda sudah menyeleksi semua bagian latar belakang, klik Delete untuk menghilangkan semua hasil seleksi tersebut.

Setelah semua bagian latar belakang terhapus, anda dapat melanjutkan dengan memberi warna yang dibutuhkan dengan menggunakan tool Brushes. Anda bisa mewarnai terlebih dahulu bagian sisi objek. Kemudian, gunakan tool Bucket untuk mewarnai keseluruhan background. Setelah semua bagian terwarnai, anda bisa langsung menyimpannya dengan cara klik File, Save As, JPEG. Anda pun sudah memiliki foto baru dengan background berbeda.

  1. Aplikasi Gimp

Cara mengganti background foto di laptop menggunakan Photoshop memang bagus, tetapi sayangnya software ini tidak gratis. Untuk itu, anda bisa menggunakan aplikasi Gimp yang dapat diunduh secara gratis di situs resminya. Pertama-tama, ubah format foto JPG anda ke Alpha Channel. Hal ini bertujuan agar nantinya foto anda memiliki background transparan. Caranya, klik kanan pada layer foto kemudian pilih add Alpha Channel.

Langkah berikutnya, pilihlah Free Select Tool pada pallete tools lalu pastikan Antialiasing dan Feather Edges dicentang. Dan pada bagian Radius, diubah menjadi 5.0. Kemudian, seleksi objek yang ingin anda ganti backgroundnya. Setelah objek terseleksi dengan sempurna, pilih menu Select-Insert untuk mengubah bagian yang diseleksi. Selanjutnya, tekan Delete pada keyboard. Lalu tahap berikutnya yaitu memindahkan objek ke latar belakang yang telah disiapkan.

Caranya yaitu dengan pilih menu Select lalu All, atau Ctrl + C pada keyboard. Selanjutnya, buka gambar latar belakang yang ingin digunakan. Lalu klik menu Ctrl + V atau Edit-Paste. Posisikan objek yang telah di paste tersebut, dengan cara tahan tombol mouse di atas objek dan geser. Setelah selesai, anda bisa menyimpan foto tersebut dengan cara klik menu file, kemudian pilih export. Maka, foto anda dengan backround berbeda pun sudah siap.

  1. Aplikasi PhotoScape

Satu lagi aplikasi gratis yang bisa anda masukkan list cara mengganti background foto di laptop, adalah PhotoScape. Aplikasi ini bahkan cukup ringan, dan ketikan digunakan tidak memakan banyak processor atau memori. Pertama, bukalah aplikasi PhotoScape. Kemudian klik menu Combine. Klik Add dan pilih menu Add a Photo, lalu pilih foto yang ingin anda ubah latar belakangnya. Setelah memilih foto tersebut, klik Open lalu Edit.

Setelah itu, klik menu Tools lalu Paint Brush. Pilihlah warna background yang ingin anda ubah. Kemudian arahkan mouse ke gambar yang ingin anda ganti latar belakangnya. Selanjutnya klik sambil menekan mouse dan geser-geserkan mouse pada gambar tersebut. Lakukanlah sampai semua warna berubah. Kemudian simpan foto yang sudah anda ubah tersebut, dengan cara mengklik Save.

  1. Corel Draw

Pixabay.com

Terakhir, anda bisa menggunakan Corel Draw. Langkah-langkahnya yaitu pertama, buka aplikasi Corel Draw lalu klik Import. Kemudian pilih foto yang ingin anda ubah latar belakangnya. Maka, foto tersebut akan muncul di layar aplikasi Corel Draw. Lalu, klik kanan pada mouse lalu klik menu Bitmaps. Sehingga menu aplikasi Bitmaps akan muncul di layar berikutnya. Pilih menu di layar Bitsmaps untuk menyeleksi bagian yang ingin diubah latar belakangnya.

Pilihlah menu Rectangle Mask Tool, lalu Magic Mask Tool. Dan silahkan anda memilih objek yang akan diubah backgroundnya. Jika sudah terseleksi, klik Save di Bitmaps yang anda edit tadi. Kembalilah ke aplikasi Corel Draw setelah anda menyimpannya. Lalu klik ikon Rectangle Tool, dan buat objek mengikuti lebar gambar. Kemudian sejajarkan objek hasil Rectangle Tool tadi dan arahkan kursor di atasnya, pilih Order dan To Back of Page.

Itulah beberapa cara gratis dan cukup mudah didapatkan, untuk mengganti background foto di laptop. Agar memiliki hasil yang rapi dan maksimal, maka anda pun bisa berlatih dengan rutin. Karena memang langkah-langkahnya cukup banyak, sehingga butuh ketelitian. Untuk anda yang ingin mengetahui seputar tips tips dengan mengedit foto di komputer, maka anda bisa mengunjungi https://www.charis.id.