Posted on

Cara Menggambar Harimau

Harimau merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok kucing besar. Sosoknya yang gagah dan kuat terkadang menampakkan keanggunan dan keindahan. Karena itulah harimau merupakan objek yang menarik untuk diabadikan, misalnya melalui gambar. Berikut ini beberapa langkah yang dapat menuntun Anda dalam menggambar harimau:

  • Memulai menggambar

Cara menggambar harimau yang pertama adalah memulainya dengan sketsa. Sketsa merupakan panduan atau dasar yang dari gambar Anda. Sketsa sifatnya tidak permenen dan dapat dihapus atau dibuang sehingga saat membuat skestsa, sebaiknya Anda menggunakan alat yang hasil garisnya ringan dan mudah dihapus.

Buatlah beberapa lingkaran tipis yang akan membentuk garis panduan untuk menggambar dada, pinggul, lengan, dan bahu. Hubungkan berbagai lingkaran yang akan menjadi dasar tubuh harimau dengan garis lengkung. Setelah itu, buatlah garis vertikal yang akan menentukan tinggi harimau. Tambahkan garis kasar untuk mewakili kaki, kepala dan ekor hingga terlihat seperti sketsa harimau.

  • Cara menggambar tubuh

Setelah membuat sketsa atau dasar dari gambar harimau, Anda harus meluangkan waktu untuk memperbaikinya agar gambar harimau Anda hasilnya sesuai dengan harapan. Perbaikilah apa saja yang perlu diperbaiki.

Pada bagian menggambar tubuh, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu buat garis tepi bahu yang lembut kemudian hubungkan garis bahu tersebut dengan lengan.

Agar hasilnya lebih halus, tambahkan beberapa otot pada badan harimau, siku, pergelangan tangan dan kaki, serta cakar. Setelah itu, hubungkan masing-masing hingga membentuk garis besar paha, lengan, pinggul, betis, pergelangan kaki, serta ekor.

  • Cara menggambar cakar

Di bandingkan dengan cara-cara sebelumnya, menggambar cakar memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Ini karena Anda harus menggambar cakar harimau yang tampak berimpitan jika dilihat dari samping.

  • Cara menggambar kepala

Agar kepala harimau yang dihasilkan dapat sesuai dengan harapan, buatlah beberapa garis pemandu berupa garis vertikal dan horisontal pada sketsa lingkaran pada bagian kepala. jangan lupa buat tampilan wajah moncong, alis, dahi, dan telinga.