Posted on

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada bayi

Sering kali bayi baru lahir mengalami biang keringat. Biasanya gejala yang muncul yaitu ada ruam dan kulitnya yang kemerahan. Sebab kulit bayi memang lebih sensitif, sebaiknya ibu juga tidak sembarang memberinya obat. Cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir ini harus dilakukan sesuai yang ditunjukkan dokter. Atau juga bisa dengan cara yang alami dan diobati sendiri.

Sebelum mengatasi masalah biang keringat sebaiknya ibu perlu mengetahui apa penyebabnya lebih dulu. Keringat berlebih yang terjadi pada bayi dapat menimbulkan pori-pori di kulitnya menjadi tersumbat yang membuat keringat tidak dapat keluar membuat biang keringat tersebut terjadi. Bayi baru lahir sering mengalami hal ini karena kelenjar keringat bayi masih belum tumbuh dengan sempurna.

Ada juga penyebab lainnya yaitu ketika suhu panas yang menimbulkan badan bayi berkeringat tetapi karena bajunya yang tebal ini membuat keringat tersebut tidak dapat keluar. Keringat yang tidak keluar itu masuk ke jaringan kulit dan sekitar kelenjar keringat. Hal tersebut akan membuat iritasi dan kemerahan pada kulit bayi.

Jika bayi telah mengalami ruam kemerahan pada kulitnya. Biasanya pada bagian yang tertutup misalnya pada lipatan tangan, pada bagian kemaluan, ketiak dan belakang lutut ini merupakan tanda bayi mengalami biang keringat. Bayi sering kali akan rewel dan akan menggaruk pada bagian yang ada ruamnya tersebut.

Bila sudah seperti itu sebaiknya si kecil ibu berikan pakaian dengan bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Lalu turunkan suhu pada ruangan dengan menggunakan AC atau kipas angin supaya membantu bayi atasi rasa gerahnya.

Cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir

Sering kali gejala biang keringat akan dapat hilang dengan sendirinya pada waktu beberapa hari saja. Agar dapat membantu bayi lebih nyaman sebaiknya ibu melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Turunkan suhu ruangan. Meningkatkan sirkulasi udara yang ada di rumah seperti memberi AC atau kipas angin ini supaya bayi tidak merasakan gerah berlebihan. Biang keringat dapat lebih buruk jika tubuh bayi terus menerus mengeluarkan keringat dan gerah.
  • Pakaian bayi harus yang nyaman. Ganti baju bayi dengan pakaiannya berbahan tipis supaya sirkulasi udara pada kulitnya lebih lancar.
  • Pakaikan bayi losion calamine. Olesi dengan losion di bagian ruam tapi jangan sampai terkena mata bayi.
  • Jaga bagian tubuh bayi yang terkena ruam supaya tetap kering.