Posted on

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati / Hangus

Menggunakan kartu Telkomsel memang sangat mudah, Anda bisa membeli paket internet yang murah dengan jaringan internet yang sangat lancar dan lengkap. Banyak juga kemudahan lainnya sebab Telkomsel sering melakukan kerja sama dengan perusahaan lain sehingga harganya menjadi lebih murah.

Namun, karena banyak pilihan provider terkadang lebih murah dan membuat Anda muncul keinginan berpaling. Namun, karena suatu hal akhirnya pada waktu tertentu Anda membutuhkan kartu Telkomsel itu lagi. Padalah jika sudah tidak digunakan dalam jangka waktu lama karti akan mengalami masa tenggang atau bahkan telah melewatinya sehingga kartu otomatis hangus dan mati.

Dengan ini maka Anda tidak bisa menggunakan nomor untuk berbagai keperluan dan komunikasi lagi. Sebenarnya cara yang paling tepat adalah dengan membeli nomor baru. Namun, ada banyak orang yang sayang dengan nomor lama dengan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

Penyebab Kartu Telkomsel Mati atau Hangus

 

Pixabay.com

Penyebab utama dari kartu Telkomsel yang mati atau hangus adalah kartu yang sudah melewati masa tenggang. Setiap nomor  memiliki masa berlakunya masing-masing yang mana untuk memperpanjang masa aktifnya diperlukan untuk mengisi pulsa. Namun, karena Anda tidak sering menggunakan lalu lupa untuk mengisi pulsa dan membuat kartu melewati masa tenggang dan akhirnya mati dan tidak bisa digunakan.

Ciri-ciri dari kartu Telkomsel yang mati atau hangus adalah nomor tidak bisa lagi menerima telepon atau SMS. Lalu, pada bagian layar Anda tidak menemukan sinyal dari nomor Telkomsel tersebut, bahkan jika dilacak menggunakan HP, nomor tersebut sudah tidak bisa ditemukan dan tidak bisa digunakan.

Hal ini tentu sangat mengganggu berbagai aktivitas Anda apalagi masih banyak aplikasi yang mendaftar menggunakan nomor tersebut dan harus menerima kode OTP. Belum lagi pulsa yang terdapat dalam nomor tersebut cukup banyak dan belum dikuras dengan cara transfer pulsa Telkomsel.

Cara Mengaktifkan Kembali Nomor Telkomsel yang Sudah Mati atau Hangus

Pixabay.com

Permasalahan ini sangat kompleks bukan? Aplikasi yang belum sempat diganti nomor dan sudah menutup akhirnya akan tetap abadi dan takut disalahgunakan orang lain sementara akses ke sana harus menggunakan kode OTP. Sungguh sangat menghawatirkan bukan?

Oleh karena itu, di bawah ini akan kita bahas secara lengkap bagaimana cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati agar Anda bisa mengurus berbagai aplikasi atau menggunakan nomor itu kembali. Ada dua cara utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan :

  1. Dengan Menghubungi Pusat Bantuan Telkomsel

Yang pertama adalah dengan menghubungi pusat bantuan Telkomsel. Ada banyak pilihan yaitu melalui Facebook Messenger, Telegram, Twitter, Line Messenger, Email, atau juga bisa melalui telepon ke 188.

Dengan menghubungi pusat bantuan secara online ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai cara mengembalikan nomor yang sudah hangus. Mungkin cara ini tidak akan memberikan solusi yang pas sebab Anda pasti akan diarahkan  untuk mengunjungi Grapari.

Namun, dengan menghubungi pusat bantuan maka Anda akan mendapatkan kepastian apakah nomor Anda masih dimaklumi untuk diaktifkan kembali atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa bertanya mengenai apa saja syarat yang dibawa saat melakukan perbaikan di Grapari.

Dengan menghubungi media online ini maka akan ada gambaran berikutnya mengenai apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Selalu gunakan langkah pertama ini jika Anda tidak berpengalaman di dalam bidang pengurusan kartu.

  1. Dengan Mengunjungi Langsung Grapari Telkomsel

Dan cara yang tepat dan merupakan cara paling utama adalah dengan menghubungi Grapari terdekat. Sebelum berkunjung ke sana, pastikan Anda membawa dokumen berupa KTP atau KK yang menjadi syarat utama mengingat dalam pendaftaran kartu, Anda harus melakukan registrasi menggunakan KTP dan KK.

Di sana Anda bisa mengungkapkan keluhan sesuai dengan permasalahannya secara langsung dan tatap muka bersama dengan customer service. Sampaikan keluhan dan jika dimintai dokumen pendukung Anda bisa menunjukkannya. Tinggal dengarkan saja apa yang disarankan oleh CS apakah kartu Anda bisa dikembalikan kembali atau harus melakukan pembelian kartu perdana yang baru.

Jadi, bisa disimpulkan apabila sebelum melewati masa tenggang, sebaiknya Anda mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktif. Jika memang sudah tidak mau menggunakan nomor sebaiknya urus terlebih dahulu berbagai aplikasi yang terdaftar menggunakan nomor tersebut  dan ubah dengan nomor baru yang Anda gunakan.

Untuk proses pengembalian nomor kartu ini masih belum 100% bisa sebab kartu yang mati memang seharusnya tidak bisa digunakan lagi dan Anda harus berganti nomor. Namun tidak ada salahnya untuk mengurus, siapa tahu dengan alasan yang logis dan juga masuk akal, Telkomsel dapat menerima permintaan Anda.

Dari penjelasan di atas, kini Anda seharusnya tahu apa yang dilakukan sebelum atau sesudah nomor Anda mati. Rawat betul-betul nomor Anda jika tidak ingin hangus. Lakukan pengecekan berkala pada aplikasi serta jangan pernah mengabaikan SMS pemberitahuan dari Telkomsel sebagai pengingat bahwa nomor Anda sedang dalam masa tenggang.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Rawat baik-baik kartu Anda, semoga nomor bisa kembali!