Posted on

Cara Mengajarkan Anak Toilet Treaning

Orang tua pasti tidak ingin anaknya buang air di celana. Kebiasaan memakai popok mungkin salah satu cara alternatif menghindari buang air, entah besar maupun kecil. Akan tetapi jika anak tidak dibiasakan untuk buang air ke toilet, kemungkinan sampai ia tumbuh dewasa akan seperti itu. Orang tua perlu mengajarkan anak toilet treaning. Toilet treaning adalah satu hal yang penting. Toilet trininhg bisanya dilakkan orang tua kepada anak saat berusia 2 tahun.

Tahap melakukan toilet treaning

Tahap awal yang harus dilakukan adalah mengenalkan bagaimana penggunaan toilet yang baik dan benar. Tak sedikit anak yang takut untuk masuk ke dalam toilet, hal itu perlu diperhatikan orang tua saat toilet treaning berlangsung. Jika anak mengalami ketakutan saat masuk ke dalam toilet, biarkanlah dan jangan dipaksa. Kesalahan yang sering diperbuat adalah memaksa seorang anak. Hal itu membuat trauma pada anak. Anak yang seperti itu harus dilatih dengan ekstra kesabaran. Pelan-pelan dalam mengajar toilet treaning sangat diperlukan untuk meningkatkan percaya diri.

Ketika anak telah berani masuk ke dalam toilet, orang tua mengajarkan bagaimana tata cara buang air kecil maupun besar dengan baik dan benar. Ketika hal tersebut telah dijalankan oleh anak, orang tua bisa mengawasi tanpa harus mendekte satu persatu. Di sisi lain, orang tua harus memahami kemampuan anak untuk disesuaikan dengan toilet treaning ini. Karena kesalahan sedikit saja dilakukan dapat merusak kepercayaan diri sang anak.

Peran orang tua

Peran orang tua terhadap mengajarkan anak toilet treaning sangat diperlukan. Sebisa mungkin orang tua terus mendampingin dan rutin melatih anak ke dalam toilet. Waktu yang diperlukan memang tidaklah sebentar karena seorang anak membutuhkan pemahaman dan kebiasaan. Berilah anak pujian setelah selesai mengerjakan toilet treaning. Pujian tersebut akan meningkatkan percaya diri seorang anak. Apabila anak sudah percaya diri melakukan buang air ke dalam toilet, orang tua tak lagiĀ  menuntun. Hanya mengawasi dan membantu jika terdapat hal yang diperlukan.