Posted on

Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor yang Bocor

Setiap sepeda motor pasti sudah dilengkapi dengan yang namanya shock depan dan shock belakang. Pada dasarnya keberadaan shock pada sepeda motor in bertujuan untuk meredam guncangan ketika anda sedang melewati jalan yang bergelombang dan tidak rata. Tentu semua itu berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara.

Apabila anda terlalu sering berkendara pada jalan yang tidak rata dan sering mengalami benturan ini bisa menyebabkan shock anda akan lebih cepat mengalami kerusakan. Keberadaan shock sendiri tidak kalah pentingnya dengan berbagai komponen penting lainnya. Mengingat semua itu saling berkesinambungan untuk memberikan kenyamanan pada pihak pengendaranya. Kalau anda merasakan shock belakang anda keras itu artinya ketika berkendara sudah tidak nyaman. Hal ini biasanya masalahnya adalah shock belakang anda rusak atau bocor.

Cara Mudah Mengecek Kondisi Shock Belakang Motor

Tahu cara memperbaiki shock belakang motor yang bocor itu memang sangat penting sekali. Terlebih bagi anda yang berniat untuk memperbaikinya sendiri. Semua itu demi mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Terlebih kalau kondisinya masih bisa diperbaiki dan bisa kembali normal maka anda tidak perlu terburu-buru untuk membeli shock yang baru.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan shock belakang bocor. Pada bagian shock itu ada tabung yang berisi cairan berupa oli dan katup yang memiliki tugas untuk mengontrolnya. Cara kerja shock ini yaitu gerakan lambat yang disebabkan oleh aliran oli pada tabung shock. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek kondisi shock belakang motor anda.

Ada rembesan oli atau tidak

Langkah pertama silahkan cek kondisi shock anda ada rembasan oli atau tidak yang keluar dari tabung. Ketika ada tanda-tanda kalau shock anda bocor maka anda bisa segera memperbaiki dengan mengganti komponen as shock belakang. Setelah itu anda bisa mengisi oli pada tabung shock tentunya sesuai dengan takarannya.

Dikendarai tidak seimbang

Ketika anda mengendarai motor namun terasa tidak imbang dengan oleng ke kanan atau ke kiri dan posisi masih normal maka anda bisa mengecek kondisi shock anda. Biasanya kondisi ini menjadi tanda-tanda kalau shock anda bermasalah.

Tidak nyaman saat berkendara di jalan berlubang

Ketika anda merasakan tidak nyaman saat berkendara di daerah jalan berlubang, bergelombang dan shock anda terasa keras maka itu bisa jadi tanda-tanda shock anda mati atau bocor. Selain itu terjadi kebocoran pada tabung shock karena as sudah aus dan terjadi sobekan pada seal.

Cara Memperbaiki Shock Belakang Motor yang Mengalami Kebocoran

Nah, agar shock motor anda tidak mudah rusak dan tetap tahan lama maka anda perlu melakukan perawatan dan pembersihan as shock dari berbagai debu dan kotoran. Mengingat ketika kotoran sudah menumpuk itu bisa menggores as shock anda dan terjadi kebocoran. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki shock belakang motor yang bocor. Sehingga ketika shock anda mengalami kecoboran anda tidak perlu terburu-buru membeli yang baru. Penasaran? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pertama silahkan siapkan peralatan yang dibutuhkan mulai : kunci L dengan ukuran 6 mm, kunci pas, kunci bintang dengan ukuran T40, Oli shockbreaker, Obeng plus dan min, Seal yang sesuai dengan ukuran shock, dan lap. Ketika semua peralatan yang dibutuhkan sudah anda siapkan maka anda bisa langsung mulai memperbaikinya.

  1. Lepaskan roda dan rumah pistonnya. Kemudian lepaskan juga rem dan spakbor untuk memudahkan anda melakukan perbaikan.
  2. Kemudian silahkan lepaskan baut 14 mm untuk melepaskan shock belakang pada motor
  3. Setelah lepas, kemudian silahkan lepaskan lagi per yang ada pada tabung dan tuangkan keluar oli yang ada pada shock. Pastikan semua oli yang ada dalam tabung shock sudah keluar semuanya.
  4. Silahkan pisahkan semua bagian shock dan silahkan ambil rebound spring dan damper rod. Silahkan cek satu persatu apakan semua komponen tersebut kondisinya masih bagus atau tidak.
  5. Ketika seal olinya yang bocor maka harus diganti. Ketika memasang seal pastikan kondisinya tetap rata.
  6. Silahkan pasang seal oli dengan bearing dan silahkan pasang juga ring untuk mengunci tutup shock.
  7. Isi oli shock di tabung tersebut dengan ukuran sekitar 64 mililiter.
  8. Setelah itu anda bisa mengisi per dengan teknik ulir renggang dari bawah ke atas
  9. Untuk mempercepat pengerjaan maka anda bisa menutup kembali shock atas dan ring penguncinya.
  10. Ketika menutup shock jangan lupa untuk ditekan dengan obeng sampai ada bunyi klik.
  11. Setelah selesai perbaikan anda bisa langsung memasang kembali spakbor yang sudah lepas dan jangan lupa dilap dengan kain.

Kalau anda tertarik ingin bisa memperbaiki shock secara mandiri atau bahkan ingin menjadi teknisi motor yang profesional maka anda bisa bergabung dengan HMTC. Dimana tempat kursus ini menjadi pelopor pelatihan mekanik motor dengan menerapkan sistem satu siswa satu pengajar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung pelatihan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa  cara untuk memperbaiki shock belakang motor. Kalau anda ingin bisa memperbaiki sendiri atau memiliki keinginan membuka bisnis bengkel maka tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan tersebut.