Posted on

Cara Membersihkan Layar Laptop

Monitor atau layar merupakan bagian penting dari laptop. Bagian layar ini baik dipakai atau tidak biasanya akan tetap kotor dan berdebu. Tentunya, hal ini akan sangat menganggu saat Anda menggunakan laptop.  Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus sering membersihkan layar laptop. Berikut ini beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan saat akan membersihkan layar laptop:

  • Matikan laptop

Sebelum membersihkan laptop, Anda harus mematikan laptop terlebih dahulu. Hal ini karena salah sedikit saja Anda dapat membuat cairan pembersih masuk ke dalam mesin  laptop dan menyebabkan konsleting.

Apabila Anda nekat membersihkan layar laptop tanpa mematikan  laptop terlebih dahulu, alih-alih layar laptop menjadi bersih, laptop Anda justru beresiko rusak karena konsleting. Selain mengurangi resiko dan menghindarkan laptop dari resiko konsleting, mematikan laptop sebelum membersihkan layar juga memberikan keuntungan lain.

Keuntungan tersebut adalah debu pada layar laptop menjadi lebih mudah dilihat. Dengan begitu, Anda pun dapat membersihkan debu serta kotoran tersebut dengan baik dan lebih mudah sehingga layar laptop menjadi bersih tanpa meninggalkan debu yang menempel.

  • Gunakan lap kering

Saat Anda akan membersihkan layar laptop, pastikan bahwa lap yang digunakan adalah lap yang kering. Alasannya hampir sama  dengan  tips sebelumnya, yaitu untuk menghindari konsleting listrik. Selain itu, saat membersihkan layar laptop Anda juga harus melakukannya dengan perlahan.

Usahakan agar tenaga yang Anda gunakan tidak terlalu besar atau berlebih. Hal ini sangat penting dan harus diterapkan agar layar laptop Anda tidak tergores atau bahkan mengalami konsleting karena tekanan tangan atau jari-jari Anda yang terlalu kuat atau berlebih saat membersihkan.

Cara membersihkan layar laptop selain menggunakan lap kering juga disarankan untuk menggunakan lap atau kain yang lembut. Menggunakan kain atau lap yang lembut akan mengurangi resiko  serta menghindarkan layar laptop Anda dari  fenomena  tergores selama proses pembersihan.

Jenis kain yang  sangat direkomendasikan bagi Anda  yang ingin membersihkan layar laptop adalah kain berbahan katun dan kain microfiber.  Kedua jenis kain tersebut sangat cocok  untuk membersihkan layar laptop  karena sifatnya  yang lembut  dan tidak kasar.

Namun, Anda  tetap  harus berhati-hati saat membersihkan layar laptop walaupun telah  menggunakan kain yang lembut.  Jangan lupa untuk tetap memperhatikan tekanan yang  digunakan saat membersihkan.

  • Semprot larutan pembersih ke kain

Setelah mematikan laptop dan memilih kain yang  cocok untuk  membersihkan layar laptop,  Anda masih  harus menyiapkan hal lain sebelum mulai membersihkan. Hal yang perlu disiapkan  adalah cairan atau larutan pembersih. Cairan pembersih memiliki peran yang sangat penting  yaitu untuk mengangkat debu yang menempel pada layar laptop.

Tidak semua debu dapat dihilangkan hanya dengan diseka menggunakan lap kering sehingga cairan pembersih sangat diperlukan. Namun, penggunaannya pun harus hati-hati agar tidak terjadi konsleting maupun layar terbakar karena cairan pembersih.

Cara penggunaanya dengan menyemprotkan cairan pembersih pada  kain yang lembut dan kering. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kain tersebut untuk menyeka debu serta kotoran yang menempel pada layar monitor.

  • Biarkan layar mengering secara alami

Membiarkan layar mengering secara alami merupakan cara membersihkan layar laptop yang tepat setelah Anda menyeka dan membersihkan debu yang menempel. Hal ini mungkin nampak sepele, tetapi harus diperhatikan.

Mengeringkan layar laptop yang telah dibersihkan dari debu mungkin akan lebih cepat jika Anda menggunakan hair dryer. Namun, Anda harus memahami bahwa suhu panas yang dihasilkan hair dryer selain dapat membuat layar laptop Anda cepat kering juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal laptop Anda.

Akan lebih baik apabila Anda sedikit lebih bersabar menunggu layar laptop mengering secara alami daripada melakukan sesuatu yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada perangkat tersebut bukan?

  • Gunakan kembali setelah layar kering

Anda dapat menggunakan kembali laptop setelah layarnya kering. Sebelum menyalakan kembali laptop untuk digunakan, sebaiknya Anda memastikan beberapa hal terlebih dahulu misalnya apakah layar laptop sudah cukup kering dari bekas cairan pembersih.

Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan karena menyalakan laptop saat layar masih basah dengan sisa-sisa cairan pembersih akan meningkatkan resiko timbulnya kerusakan komponen laptop akibat kelembapan atau sisa-sisa cairan pembersih tersebut.

Berapa tips dan trik cara membersihkan layar laptop diatas merupakan cara yang dapat dijadikan panduan bagi Anda saat akan membersihkan layar laptop. Berbagai hal tentang layar laptop dapat Anda temukan di Best AREight, yaitu website khusus review produk.

Review yang disediakan Best AREight juga tidak terbatas pada laptop dan perangkat elektronik lainnya sehingga situs atau website tersebut dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli suatu produk.