Posted on

Cara Memanfaatkan Lahan Rumah Dengan Budidaya Rambutan

budidaya tanaman rambutan memang sangat lirik oleh penduduk yang rumahnya di lereng gunung, selain menjadi pelengkap untuk mengisi vegetasi halaman rumah ternyata pohon rambutan juga bisa dibudidayakan, pohon rambutan akan berbuah jika usia pohon tersebuat rata-rata sekitar umur 2 tahun, dan masa berbuah akan terus-menerus sampai dalam kurun waktu dua sampai tiga bulan. Pada kali ini kita akan membahas apa saja yang di perhatikan sebelum membudidayakan pohon rambutan.

yang harus diperhatikan sebelum budidaya pohon rambutan

budidaya pohon rambutan akan sangat produktif jika kita mempersiapkan terlebih dahulu sebelumnya, mulai dari bibit apa yang dipilih, konstruksi tanah yang seperti apa di lahan kita, serta mengetahui iklim yang baik untuk pohon rambutan.

Memilih bibit yang baik

Pemilihan bibit menjadi pondasi utama untuk mengawali ke langkah budidaya rambutan, seperti halnya dengan media cangkok atau hasil perkawinan dengan dua jenis bibit rambutan, media cangkok akan sangat cocok untuk hasil bibit maksimal sehingga berpengaruh juga di ketahanan pohon sendiri dari pada bibit asli mulai kecil, dan rata-rata memang banyak orang mengambil bibitnya dengan hasil cangkok.

Konstruksi tanah

Selanjutnya kita harus mengerti seperti apa kontur tanah lahan yang akan kita tanami, sebenarnya tanaman rambutan juga tidak memerlukan jenis tanah yang keras, kita bisa membuat kompos sendiri dirumah untuk mengatasinya. Menanam pohon rambutan tidak perlu keahlian khusus dan pengamatan yang intens, akan tetapi jika kompos dirasa kurang untuk menggemburkan tanah kita bisa menggunakan pupuk organik jika memang dibutuhkan.

Kebutuhan iklim tanaman rambutan

Selain memilih bibit yang baik untuk pohon rambutan supaya subur dengan media kompos dan pupuk organik, kita bisa sedikit mengenali bagaimana iklim yang menjadi kebutuhan pohon rambutan jika kita akan budidaya rambutan, perlu diketahui pohon rambutan sendiri cocok tumbuh di iklim tropis, penyesuaian iklim sangat mempengaruhi bagaimana nantikan berkembang biak, pun pula pohon rambutan pada umumnya juga memerlukan iklim yang lumayan hangat sekitar 25 derajat celcius. Dan untuk ketinggian sendiri pohon rambutan memerlukan 400-500 meter diatas permukaan laut.

Itulah ulasan mengenai budidaya rambutan, semoga menambah wawasan Anda. Untuk Anda yang berada di wilayah ketinggian, selamat mencoba!