Posted on

Cara Memakai Jilbab Sekolah yang Rapi

Jilbab merupakan kain penutup aurat yang berfungsi untuk menutupi aurat wanita bagian atas. Tidak hanya kain penutup aurat saja, jilbab juga menjadi identitas yang sudah menempel pada setiap wanita muslim di seluruh dunia. Indonesia merupakan Negara yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam sudah tidak asing dengan perangkat ini. Jilbab ini sudah ada sejak lama dan semakin hari semakin banyak wanita muslim yang mengenakannya karena kesadarannya dalam menutup aurat.

Saat ini, perkembangan dunia fashion semakin popular di kalangan perempuan, terutama anak-anak muda, remaja, bahkan sampai anak-anak. Salah satu tren fashion yang digandrungi anak-anak muda yakni trend jilbab. Karena mayoritas warga Indonesia memeluk agama Islam, para perempuan muslimah tentunya menjalankan perintah yang dianjurkan di dalam Al-Qur’an, yakni menutup aurat dengan menggunakan jilbab.

Jika dulu jilbab dimaknai sebagai kain untuk menutup aurat, saat ini makna tersebut menjadi lebih luas. Jilbab sudah menjadi identitas bagi para wanita muslim dan sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian saat ini. Tidak sedikit perempuan pencinta fashion memakai busana muslim lengkap dengan jilbabnya, menampilkan gaya-gaya busana kasual namun trendy, bahkan juga glamour. Adanya berbagai gaya jilbab kekinian yang menyerang perempuan muslim, membuat para remaja perempuan Indonesia juga mengikuti tren ini. Bahkan yang masih duduk di bangku sekolahpun juga ikut.

Namun kendati keinginan anak-anak remaja ini ingin mengikuti perkembangan tren hijab, mereka dibatasi oleh ketentuan dan aturan sekolah. Yang membuat mereka sulit untuk mengenakan jilbab yang sedang tren karena menyalahi aturan sekolah. Namun, ada beberapa cara agar anda bisa berpenampilan kekinian dengan memakai jilbab yang sederhana.

Untuk anda yang masih duduk di bangku sekolah, yang tidak ingin ribet-ribet dalam mengenakan jilbab dan masih ingin kekinian.

Hal yang pertama anda lakukan yakni lipat jilbab segi empat anda menjadi dua bagian, segi tiga

Taruh jilbab tersebut di atas kepala dengan kedua sisi kanan dan kiri yang sama panjang, lalu sematkan jarum pentul tepat di bawah dagu. Ambil sisi jilbab sebelah kanan dan sematkan jarum pentul diatasnya. Taruh jilbab yang lebih panjang pada bagian depan, kemudian sematkan jarum pentul biar terlihat rapi. Cara yang lainnya, yakni siapkan jilbab segi empat dan lipatlah menjadi bentuk segi tiga. Posisikan jilbab di atas kepala anda, sebelumnya pastikan inner sudah dipakai dan rapi. Pastikan kedua sisi jilbab sama panjang. Sematkan peniti di bawah dagu. Kemudian rapikan dahulu, silangkan kedua sisi jilbab kanan dan kiri dan ikat di belakang leher. Pastikan anda mengikat kedua sisi tersebut berada tersembunyi dibalik jilbab. lalu rapikan bagian depan agar terlihat rapi dan tidak mengkerut.

Yang Kedua Ialah Cara Memakai Jilbab Sekolah Yang Rapi Yakni Menggunakan Jilbab Segi Empat

Bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah yang ingin terlihat lebih syari dan anggun cara ini bisa anda terapkan. Pertama-tama pastikan anda sudah memakai inner untuk menutup keseluruhan rambut dan telinga juga leher dengan rapat. Kemudian pasang jilbab segi empat yang sudah dibentuk menjadi segi tiga. Posisikan sisi kanan lebih pendek daripada sisi kiri jilbab. Pasang seperti biasa dan sematkan jarum pentul di dagu. Ambillah sisi kiri jilbab lalu tarik sisi tersebut ke atas arah kanan. Sematkan jarum pentul tepat di dekat telinga kanan. Bagian jilbab yang menjuntai ditarik ke arah kiri dan sematkan di bagian pundak menggunakan jarum pentul atau peniti. Anda bisa menggunakan jilbab yang lebih lebar untuk ingin terlihat syari, karena jilbab jilbab syari harus menutup dada.

Untuk anda yang memakai kacamata ada pula cara memakai jilbab ini supaya anda bisa tampil dengan menawan dan cantik. Dengan mengenakan kacamata anda bisa berpenampilan sopan dan rapi dengan jibab segi empat. Cara pertama yakni pakai inner terlebih dahulu sampai menutupi rambut dan telinga. Kemudian pakai dahulu kacamata anda. Ambil jilbab segi empat menjadi berbentuk segitiga. Letakkan di atas kepala dengan sisi kanan lebih panjang ketimbang sisi kiri atau bisa sebaliknya. Ambil jarum dan sematkan di bagian pinggir telinga. Bagian sisi yang panjang dibawa ke belakang leher dengan memutar dan letakkan di pundak kanan. Ambil ujung bagian yang panjang merapat ke leher. Sematkan jarum di belakang leher. Sisi yang pendek bisa anda bawa ke belakang, dan ambil jarum pentul untuk disematkan.

Di tengah maraknya anak-anak muda di bangku sekolah yang menggandrungi tren jilbab, sudah banyak toko-tokoh di setiap daerah anda jual jilbab murah dan terjangkau. Mulai dari jilbab sekolah, jilbab instan, sampai jilbab trendi lainnya. Semuanya dijual dengan harga yang terjangkau dan dengan mudah anda dapatkan. Namun jika anda malas untuk mendatangi tokonya secara langsung, anda bisa mendapatkannya di platform online yang saat ini sangat banyak bisa kita temukan. Didalamnya menjual segala macam jilbab dengan model beserta jenisnya. Tidak hanya jilbab saja malahan, perlengkapan muslim seperti gamis, dress, bluous, dan perlengkapan muslim lainnya tersedia dengan lengkap.