Posted on

Jangan Panik, Yuk Intip Cara Melacak Android yang Hilang dengan Mudah

Smartphone yang dulunya merupakan kebutuhan tersier, kini telah mulai bergeser menjadi salah satu kebutuhan primer di samping pangan, sandang, dan juga papan. Kehilangan smartphone sendiri bisa menjadi pengalaman hidup yang buruk bagi sebagian orang. Namun anda jangan langsung panik, yuk intip cara melacak Android yang hilang dengan mudah berikut.

Cara Mudah Melacak Smartphone Android yang Hilang

  1. Lacak dengan Google Maps

Google Maps adalah aplikasi besutan Google yang berupa pemetaan bersifat web. Dengan aplikasi ini, anda bisa dengan mudah menemukan layanan seperti kondisi jalan, kondisi lalu lintas, peta jalan raya, panorama rute perjalanan dan masih banyak lainnya. Aplikasi ini juga akan merekam berbagai tempat yang anda kunjungi dengan smartphone anda.

Dengan fitur my location, Google Maps akan memberi anda bantuan untuk melacak Android yang hilang dengan mudah. Langkah yang bisa anda lakukan yaitu pertama buka aplikasi Google Maps melalui smartphone lain, atau melalui PC. Pilih menu setting dan klik pilihan bagi lokasi, yang ada di pojok kiri bagian atas layar pada jendela aplikasi.

Dari sana anda bisa memilih waktu pelacakan, mulai dari 1 jam hingga seterusnya sampai dengan fitur tersebut anda nonaktifkan. Setelah memilih waktu pelacakan, kemudian klik pilih orang lalu dilanjutkan dengan pengisian alamat email serta nomor dari smartphone yang hilang. Selanjutnya klik bagikan dan aktifkan, maka lokasi dari smartphone anda akan terlacak selama 24 jam.

  1. Menggunakan Email

Selain Google Maps, cara melacak Android yang hilang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan email. Pasalnya Google telah menciptakan sistem operasi di Android, yang mengharuskan penggunanya untuk masuk menggunakan email ketika mengakses Google Play Store. Jadi email tersebut bisa anda gunakan untuk melacak smartphone anda yang hilang.

Caranya yaitu pertama buka halaman gmail pada PC atau smartphone lainnya, lalu masukkan alamat email yang ada pada Android yang hilang. Apabila anda telah berhasil masuk ke dalam alamat email tersebut, pilih tampilan gmail versi web jika anda menggunakan perangkat smartphone. Kemudian pilih ikon titik sembilan yang ada di sisi kanan atas.

Selanjutnya masuk ke Google Account dan cari opsi mulai pada bagian tulisan Temukan Ponsel Anda. Lalu pilih smartphone anda yang hilang, dan masukkan kembali kata sandi. Setelah itu pilih opsi temukan, tunggu beberapa saat maka Google Map akan muncul. Pilih jenis Android anda dan refresh halaman, agar posisi smartphone tersebut terupdate dan terbaca pada Google Map.

Setelah layar menampilkan posisi dari Android anda, maka segera temukan posisi ponsel pintar tersebut. Usahakan untuk segera menuju lokasi yang tertera secepat mungkin, karena cara satu ini bisa memakan daya baterai lebih cepat dari cara lainnya. Sehingga jika terlalu lama, nantinya anda akan kesulitan untuk menemukan smartphone yang hilang.

  1. Fitur Find My Device

Anda juga bisa mengandalkan fitur Find My Device yang saat ini tersedia untuk semua ponsel pintar. Ini merupakan langkah yang sangat praktis sebagai cara melacak Android yang hilang. Dengan adanya fitur tersebut, anda bahkan dapat membuat pengaturan lanjutan. Misalnya pesan atau perintah khusus ketika smartphone hilang, serta memberikan informasi pemilik smartphone.

Jadi orang yang menemukan Android anda, bisa mengetahui siapa pemilih smartphone tersebut dan mengembalikannya. Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, pertama aktifkan aplikasi Find My Device yang ada di perangkat ponsel pintar. Anda bisa melakukannya melalui menu security atau keamanan yang ada di pengaturan.

Selain itu pastikan juga bahwa perangkat tersebut telah terhubung ke akun Google, lokasi, dan juga koneksi internet. Apabila semuanya telah dipastikan terhubung, anda dapat mengakses fitur ini di perangkat lain misalnya melalui browser PC. Kunjungi halaman Google Find My Device, dan masuk dengan akun Google yang telah tersambung pada smartphone yang hilang.

Setelah anda masuk, anda akan menemukan beberapa opsi. Yaitu bunyikan perangkat, kunci, atau hapus semua data yang tersimpan di smartphone. Apabila anda kehilangan ponsel pintar tersebut di rumah, maka opsi bunyikan perangkat bisa anda gunakan. Sedangkan bila Android anda dicuri, sebaiknya hapus semua data agar tidak ada data penting yang bocor.

  1. Aplikasi Android Device Manager

Aplikasi Android Device Manager atau ADM, merupakan sebuah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melacak keberadaan dari smartphone Android anda. Aplikasi ini bisa anda unduh secara gratis melalui Google Play Store, dan bisa anda gunakan ketika dibutuhkan dengan pengaktifan fitur global positioning system (GPS) yang ada.

Untuk mengakses ADM, anda bisa menggunakan perangkat lain untuk login ke dalam aplikasi tersebut dengan menggunakan akun Google dari Android yang hilang. Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi, maka akan muncul nama smartphone yang terkoneksi dengan email. Kemudian akan terlihat juga informasi mengenai alamat keberadaan dari smartphone tersebut.

  1. Dengan IMEI

Cara melacak Android yang hilang juga bisa anda lakukan dengan IMEI, meski prosesnya tidak semudah cara lainnya. Namun cara ini bisa anda lakukan meski smartphone yang hilang tersebut dalam keadaan tidak terhubung ke internet sekalipun. IMEI sendiri merupakan nomor identitas yang dimiliki oleh setiap smartphone.

Masing masing IMEI akan berbeda antara satu smartphone, dengan smartphone lainnya. Dan nomor tersebut merupakan bukti bahwa ponsel pintar yang anda gunakan telah terdaftar di sistem pembuatnya. Dalam praktiknya, menemukan smartphone anda yang hilang dengan IMEI tidak bisa instan dan membutuhkan proses yang cukup panjang dan rumit.

Pasalnya cara tersebut harus melibatkan pihak berwajib serta opertor seluler. Secara teknis provider telekomunikasi memang mampu mencari keberadaan dari smartphone anda yang hilang, hanya dengan berbekal nomor IMEI tersebut. Dan hal ini masih bisa dilakukan meskipun kartu telah ditukar pada smartphone yang hilang tersebut.

Akan tetapi anda mungkin akan kesulitan, karena tidak mengetahui kartu seluler dari provider mana yang ditukarkan pada smartphone yang hilang tersebut. Selain itu, proses pencariannya akan memungkinkan bila posisi dari ponsel pintar itu, berada di dekat tower BTS atau base transceiver station operator terkait.

Pelacakan Android anda yang hilang memang memungkinkan untuk dilakukan, namun beberapa syarat harus terpenuhi agar cara ini bisa dilakukan. Misalnya smartphone harus terhubung ke internet, dan lain sebagainya. Cara pelacakannya sendiri sebenarnya masih banyak, anda bisa mengetahui cara lainnya dengan mengunjungi website aptoide.co.id.