Posted on

Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak Saat Pilek

Pilek merupakan salah satu kondisi dimana tubuh sedang merasa tidak baik. Biasanya, pilek akan menimbulkan beberapa gejala seperti demam, batuk, dan hidung tersumbat. Kondisi tubuh ini akan membuat banyak orang merasa lemah dan sakit. Hal yang sama juga terjadi pada bayi. Saat mereka pilek, bayi akan cenderung lebih rewel dan mudah menangis. Selain itu, bayi juga menjadi sulit tidur karena merasa tidak nyaman dengan kondisi yang ada pada tubuhnya. Padahal tidur dan istirahat yang cukup merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi pilek sebelum dibawa ke fasilitas kesehatan. Lantas, apa yang bisa dilakukan agar bayi bisa tidur dengan nyenyak saat mereka pilek?

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar bayi bisa tidur dengan nyenayak adalah dengan mengeluarkan lendir yang ada pada hidungnya. Hal ini dikarenakan pilek membuat hidung tersumbat sehingga bernapas akan menjadi lebih susah. Oleh karena itu dengan mengeluarkan lendir dari hidung bayi menggunakan penyedot ingus bayi, maka bayi akan merasa lebih nyaman. Sehingga, bayi akan tidur lebih nyenyak meskipun masih dalam keadaan pilek. Selain itu, bayi juga dapat diposisikan dengan kepala lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Mengapa? Saat bayi berada di posisi kepala lebih rendah dari tubuhnya, maka bayi akan merasa lebih tidak nyaman karena pileknya bertambah parah. Oleh karena itu, dengan menaikkan kepala bayi lebih tinggi dibandingkan dengan tubuhnya dapat membuat bayi merasa lebih nyaman. Sehingga, bayi bisa tidur dengan nyenyak.

Selain itu, bayi yang terkena pilek dapat dijaga asupan ASI dan jumlah cairan yang ada dalam tubuhnya. Semakin banyak cairan yang ada dalam tubuh, maka lendir akan semakin encer. Sehingga, bayi akan merasa lebih nyaman karena hidungnya lebih terasa lega. Oleh karena itu, pemberian ASI pada bayi di bawah 6 bulan harus diperhatikan terlebih saat bayi sedang pilek. Orang tua juga harus menjaga kondisi suhu dan kelembapan ruangan. Suhu yang hangat serta kelembapan yang sesuai akan membuat bayi tidur lebih nyenyak walaupun sedang sakit.