Posted on

Burung Pipit Bondol

 

Burung pipit bondol haji adalah satu dari sekian banyak jenis burung pipit yang sering ditemukan di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, Sumatera dan juga Bali. Burung pipit bondol haji, atau juga dikenal dengan sebutan emprit kaji ini sering ditemui di area sawah dimana mereka sering terbang mencari makan. Bagi orang jawa sendiri, khususnya mereka yang tinggal di bagian tengah dan timur, burung emprit kaji ini sering disebut sebagai lawan dari burung gereja. Bahkan ada anekdot berupa cerita lucu tentang burung gereja dan juga emprit kaji yang hidup dan tinggal berdampingan. Hanya saja, burung gereja justru lebih sering berada di masjid meskipun tidak memiliki gelar haji. Ah, ada-ada saja ya memang!

Burung pipit bondol haji sendiri memiliki nama latin Lonchura Maja. Selain itu, burung bondol haji dalam bahasa Inggris disebut dengan White Headed Munia. Burung ini kerap terbang bersama kelompoknya untuk mencari makan. Kebiasaan terbang bersama kelompoknya juga memberikan rasa aman karena saat predator terlihat, sesama burung akan memberikan kode untuk segera terbang tinggi. Dengan cara tersebut, seluruh anggota kawanan bisa selamat dari serangan sang predator. Jika dipikirkan secara matang, perilaku tersebut menunjukkan bahwa emprit bondol haji merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial karena gemar berkumpul. Burung emprit bondol baru akan berpisah meninggalkan kawanannya jika pejantan dan betina sudah saling menemukan dan membangun sarang. Saat itulah sepasang burung emprit ini hidup mandiri.

Tapi uniknya, saat sepasang burung emprit bondol ini sudah memiliki anakan dan berhasil membesarkannya, mereka akan terus hidup bersama dalam kawanan barunya. Biasanya kawanan keluarga tersebut hanya berjumlah kurang dari 10 burung. Dan seperti indukan sebelumnya, kawanan kecil ini akan terpecah belah saat sang burung sudah menemukan pasangan dan akan membangun sarang bersama. Dari burung emprit bondol haji ini kita bisa belajar bahwa keluarga adalah hal yang berharga. Dan hidup bersama dengan kawanan membuat kita lebih waspada karena sesame anggota kawanan akan saling mengingatkan jika ada bahaya.