Posted on

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi

Sebelum Anda mengandung kopi merupakan suguhan utama saat hangout bareng teman, saking cintanya rasanya tidak lengkap jika tidak ada minuman hitam untuk menambah inspirasi di pagi hari lalu bolehkah ibu hamil minum kopi? Kopi merpakan minuman yang menjadi favorit banyak orang karena bisa meningkatkan daya konsentrasi dan juga membantu mencegah kantuk.

Pada masa kehamilan, memang banyak terjadi perubahan dalam diri. Aktivitas yang dilakukan ibu hamil serta konsumsi makan dan minuman memang harus dipilih dengan berhati-hati. Sebab hal tersebut bisa berdampak terhadap kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

Kira-kira bolehkah ibu hamil minum kopi? Kopi adalah minuman yang tidak disarakan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa berpotensi mengganggu kesehatan janin dan sang ibu.

Adapun bahaya yang bisa muncul ketika ibu hamil minum kopi, diantaranya sebagai berikut.

  1. Meningkatkan asam lambung.

Ibu hamil yang mengonsumsi kopi bisa misa meningkatkan asam lambung karena kafein yang terkandung didalamnya dan juga bisa meningkatkan gerak usus. Kondisi mual dan muntah akan menjadi semakin parah apabila ibu hamil minum kopi.

  1. Mengakibatkan insomnia.

Kopi bisa menjaga Anda aman dari kantuk. Akan tetapi jika kopi diminum oleh ibu hamil, bisa menyebabkan mata terjaga karena kandungan kafein yang lebih lama berada dalam tubuh ibu hamil dan bisa menggangu metabolism tubuh.

  1. Cacat lahir pada bayi.

Pertumbuhan organ janin yang belum sempurna berakibat pada janin lahir dengan keadaan cacat apabila kafein masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan menembus plasenta hingga masuk ke tubuh janin.

  1. Menyebabkan anemia.

Anemia merupakan masalah yang pada umumnya dialami oleh ibu hamil yang dikarenakan kurangnya asupan zat besi sebagai bahan pembentuk hemoglobin pada darah. Kafein terdiri dari senyawa, salah satunya adalah senyawa fenol yang bisa menghambat penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil.

Apabila Anda ingin minum kopi disaat mengandung, ada baiknya Anda memperhatikan takaran supaya tiak berpengaruh pada tumbuh kembang janin. demikianlah ulasan tentang bolehkah ibu hamil minum kopi.