Posted on

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat

Saat usia kehamilan memasuki 8 bulan maka perut sudah semakin membesar dan janin pun sudah mencari posisi agar bisa dilahirkan secara normal. Terkadang saat perut membesar, ibu hamil tidak akan bebas bergerak sehingga malas untuk perjalanan jauh.

Biasanya bepergian menggunakan pesawat akan membuat ibu hamil terasa nyaman, selain itu perjalanan juga menjadi lebih cepat. Akan tetapi bolehkan ibu hamil usia 8 bulan naik pesawat ?

Apakah boleh hamil 8 bulan naik pesawat ?

Sebenarnya saat usia kehamilan 8 bulan naik pesawat maka akan diperbolehkan sepanjang memenuhi persyaratan yang berlaku. Walaupun hal tersebut dianggap tidak aman. Akan tetapi bagi sebagian maskapai usia 8 bulan adalah batas mengikuti penerbangan.

Usia yang aman dan nyaman bagi ibu hamil ketika naik pesawat yaitu saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Saat kandungan masih di trimester pertama maka tidak disarankan naik pesawat karena memicu keguguran dan morning sicknes.

Lalu bagi ibu hamil dengan usia kandungan 8 bulan juga harus berkonsultasi dengan dokter dan menyiapkan surat keterangan. Surat keterangan tersebut berisi tentang kehamilannya yang tidak bermasalah dan sehat.

Hal itu dilakukan agar terhindar dari resiko lahir prematur karena efek ketinggian pada pesawat. Adanya alat pemindaian pada bandara juga tidak berpengaruh pada ibu dan janin.

Tips agar naik pesawat aman saat hamil 8 bulan

  • Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan
  • Persiapan penerbangan dan jangan datang terlambat. Biasanya pemeriksaan bagi ibu hamil akan terasa lambat.
  • Pergi dengan keluarga karena jika ada masalah selama perjalanan maka kita bisa meminta bantuan kepada keluarga yang mendampingi kita.
  • Siapkan bekal khusus
  • Gunakan pakaian yang nyaman saat naik pesawat karena pakaian yang ketat dan terlihat sempit akan membuat kulit menjadi sensitif dan tidak leluasa bergerak.
  • Tidak selalu duduk dan selingi dengan berdiri atau berjalan dalam pesawat
  • Jangan menahan kencing saat di pesawat, untuk menghindarinya kita bisa memilih tempat duduk yang dekat dengan toilet sehingga mudah untuk mengaksesnya.