Posted on

Tips Belajar Bahasa Inggris Percakapan

Percakapan atau conversation merupakan salah satu bagian materi penting yang ada dalam bahasa Inggris. Iya meskipun terdengar biasa, namun percakapan menjadi hal penting untuk menunjukkan keterampilan Anda dalam berbahasa Inggris. Dalam percakapan, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan mulai dari pelafalan kata-kata bahasa Inggris, grammar atau penyusunan kalimat, serta intonasi. Iya materi yang satu ini banyak yang bila sebagai materi yang sulit. Namun jika Anda belajar bersama kursus bahasa Inggris online jagobahasa.com Anda bisa belajar berbagai materi bahasa Inggris termasuk percakapan dengan mudah.  Nah bagi Anda yang ingin cepat menguasai tentang percakapan bahasa Inggris, Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut:

  • Menggunakan metode listening

Listening atau mendengarkan juga dapat membantu Anda untuk lancar dalam conversation. Nah dengan lebih sering mendengarkan percakapan-percakapan, Anda akan mendapatkan inspirasi tentang bagaiman melafalkan kalimat yang benar, bagaimana intonasi yang pas, bagaimana Anda menanggapi topik dari lawan bicara Anda, hingga bagaiman Anda memulai topik pembicaraan.

  • Nonton film bahasa Inggris

Nonton film bahasa Inggris juga menjadi salah satu langkah belajar conversation dengan baik. Iya di dalam film tentu terdapat percakapan antar tokoh yang dialog menggunakan bahasa Inggris, untuk itu Anda dapat mengamati, serta menirukan gaya mereka berbicara seputar topik yang dibicarakan. Dalam hal ini pastikan Anda juga mencatat setiap kosakata baru untuk menambah penguasaan vocabulary Anda. Karena hal tersebut menjadi modal penting untuk Anda mahir conversation.

  • Berani dan percaya diri

Dalam belajar tentu kita membutuhkan keberanian serta percaya diri agar kita lebih cepat untuk bisa. Dalam hal ini Anda bisa memulai dengan berlatih conversation dalam hal-hal yang sederhana seperti “I am so happy today”. Dalam hal ini Anda tidak hanya belajar melafalkan kalimat dengan baik namun juga berupayalah untuk belajar tentang ekspresi. Jika Anda mengatakan “I am so happy today” berarti Anda harus mengeluarkan ekspresi yang happy juga dan jangan sampai sebaliknya. Nah terkadang disinilah yang sering menjadi kendala bagi sahabat-sahabat yang akan belajar conversation, yaitu keberanian untuk mencoba merangkai kata, melafalkannya dengan jelas, dan keberanian untuk mengekspresikannya.

  • Biasakan untuk memulai pembicaraan

Bagi Anda yang ingin cepat bisa dalam hal conversation, tentu Anda harus menjadi orang yang ramah. Caranya adalah dengan banyak memulai pembicaraan dengan topik-topik tertentu dengan bahasa Inggris. Dalam hal ini Anda tidak perlu mencari topik-topik rumit, cukup ambil topik dalam kegiatan sehari-hari yang sekiranya dimengerti oleh lawan bicara Anda sehingga suasana akan menjadi lebih cair dan conversation pun bisa berlangsung dengan baik. Misalnya Anda bisa memulai dengan kalimat “do you like badminton?” Nah kemudian dari sini tentu akan muncul berbagai percakapan yang panjang apalagi jika lawan Anda juga menjawabnya dengan “Yes, i do.” Kemudian Anda bisa  melanjutkannya dengan pertanyaan-pertanyaan serta sedikit menambah cerita seputar topik tersebut misalnya “what you think about Jonthan? “ dan seterusnya.

  • Jangan segan untuk menanggapi pembicaraan

Nah ketika lawan bicara Anda sudah menggapi serta telah menemukan topik yang sama-sama cocok untuk dibicarakan, pastikan Anda untuk menanggapinya dengan baik. Dala hal ini usahakan untuk terus menjaga agar percakapan tetap berlangsung. Pastikan Anda menjadi lawan bicara yang menyenangkan dengan teman Anda. Nah dengan demikian maka semakin banyak Anda berlatih, maka keterampilan conversation Anda akan semakin meningkat.

  • Sementara tidak perlu terlalu fokus dengan grammar

Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya melupakan grammar sejenak apabila hal tersebut membuat Anda merasa tidak percaya diri. Iya memang grammar menjadi hal yang penting, namun jika Anda belum begitu menguasainya dan Anda terlalu fokus di dalamnya yang terjadi Anda tidak akan memulai untuk belajar conversation. Iya bagi pemula, terlalu fokus dengan grammar akan membuat Anda terlalu banyak berfikir sebelum mengeluarkan kata-kata sehingga yang terjadi adalah bicaramu terbata-bata, lama menanggapi pembicaraan orang lain, bahkan bisa kebingungan saat menysun kalimat. Jika Anda terlalu lama memikirkan aturan-aturan tense, yang terjadi adalah Anda akan kehilangan kesempatan momen untuk belajar conversation. Untuk itu Anda dapat mempelajarinya secara bersamaan yakni sedikit demi sedikit sambil berjalan hingga Anda pun menguasai kedua-duanya dengan baik. Nah bagi Anda yang ingin belajar conversation dengan metode menarik, Anda dapat belajar dengan mengikuti kursus bahasa Inggris online.

Cara  Membuat Percakapan Bahasa Inggris Sederhana

Selain belajar tentang bagaimana agar cepat belajar percakapan dengan lancar, Anda juga perlu untuk belajar membuat teks percakapan untuk menambah keterampilan Anda menyusun kalimat saat praktik percakapan. Dalam hal ini Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari pemilihan kosakata. Pastikan Anda berlatih untuk memilih kosa kata terbaik yang sesuai dengan kondisi atau disesuaikan dengan lawan bicara. Selain poin penting dalam membuat teks percakapan adalah tujuan atau topik dari percakapan itu harus jelas sehingga Anda akan terbiasa untuk melakukan percakapan dengan jelas dan terarah. Nah untuk Anda yang ingin mahir percakapan bahasa Inggris dengan grammar yang bagus, Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online di jagobahasa.com.