Posted on

Begini Cara Tepat Menanam dan Merawat Kelengkeng Dalam Pot

 

Selain di kebun dan pekarangan rumah, menanam kelengkeng dalam pot saat ini sudah banyak dilakukan. Entah itu karena keterbatasan lahan tanam maupun untuk dijadikan tanaman hias atau tabulampot. Mengingat dengan menggunakan pot, penanam memang dapat mudah mengendalikan perkembangan tinggi tanaman. Namun terlepas dari itu, menanam di kebun maupun di dalam pot sama-sama perlu persiapan khusus.

Nah, untuk Anda yang ingin menanam kelengkeng di dalam pot, berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda praktekkan:

  1. Pilihlah bibit kelengkeng sesuai jenis yang Anda inginkan, namun pastikan untuk memilih bibit terbaik yang berasal dari hasil okulasi.
  2. Siapkan pot besar dengan ukuran yang sesuai dengan bibit, sebaiknya gunakan pot yang berasal dari drum atau pilih saja pot plastik ataupun semen cor.
  3. Tanamlah bibit di tengah-tengah pot lalu masukkan media tanam sampai akar tanamannya tidak terlihat. Gunakan media tanam yang baik seperti tanah, pasir, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:2:1.
  4. Rutin lakukan penyiraman, namun pastikan secukupnya saja dan jangan sampai air menggenang. Beri juga pupuk pada tanaman sebulan sekali sesuai takaran dan lakukan pemangkasan cabang.
  5. Lakukan pengendalian hama agar kelengkeng bebas dari hama apapun.

Walaupun ditanam di dalam pot, hal ini tidak mempengaruhi kelengkeng untuk dapat berbunga dan berbuah. Bahkan jika perawatannya dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin kelengkeng akan berbuah lebat.