Beda Tepung Sagu dan Tepung Tapioka

Sering dipakai untuk bahan makanan, kedua tepung ini yakni tepung sagu dan tepung tapioka (kanji) rupanya banyak perbedaannya. Apa saja?

Perbedaan tepung sagu dan tepung tapioka dapat diketahui dari bahan baku, warna dan tekstur serta fungsinya, simak selengkapnya berikut ini.

Perbedaan Tepung Sagu dan Tepung Tapioka

1. Bahan baku

Tepung sagu terbuat dari sari pati batang pohon sagu. Sedangkan tepung tapioka asalnya dari sari pati tumbuhan singkong.

2. Warnanya Juga Beda

Warna tepung sagu dan tepung tapioka juga berbeda. Tapioka berwarna putih bersih, kalau sagu agak-agak keruh warnanya.

3. Perbedaan Tekstur

Tepung sagu punya tekstur agak kasar, lebih kasar dari tepung terigu. Sedangkan tepung tapioka punya tekstur yang halus atau licin.

4. Fungsi

Umumnya tepung sagu dipakaiĀ  untuk membuat makanan supaya makanan tersebut hasilian tekstur empuk, lengket dan lembut. Seperti talam ubi, pempek kue lapis.

Sedangkan tepung tapioka punya fungsi membuat renyah serta kembangkan adonan makanan. Seperti makanan cireng, batagor dan lain lain.

Tapioka juga dapat dijadikan pengental makanan serta dapat dijadikan bahan minuman seperti Boba yang kekinian.

Itulah perbedaan tepung sagu dan tapioka. Pastikan anda tidak salah pilih saat menggunakanya sebagai bahan makanan. Sebab meskipun sekilas kelihatanya nampak sama, namun sebetulnya punya perbedaan mendasar termasuk perbedaan fungsi.

Previous post 2 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan