Posted on

Beberapa Penyebab Jempol Kaki Bisa Infeksi

Banyak orang pernah mengalami infeksi jempol kaki yang biasanya disebut dengan cantengan ini merupakan keadaan jempol kaki yang mengalami bengkak, terasa sakit dan keluar nanah. Lebih tepatnya sakit ini dikarenakan sisi kuku tumbuh ke dalam daging lunak di dalam ibu jari kaki.

Gejala yang muncul dari cantengan adalah nyeri dan sakit pada jari kaki, kemerahan pada area sekitar kuku, mengalami bengkak pada jari kaki dan sekitar kuku serta infeksi di jaringan sekitar kuku.

Hal-hal yang menyebabkan infeksi jempol kaki:

  1. Salah memotong kuku

Salah potong kuku adalah penyebab yang sering terjadi yang menimbulkan cantengan. Kesalah memotong kuku yang biasanya terjadi seperti memotong kuku yang terlalu pendek serta saat memotong kuku potongannya terlalu dalam dan mengakibatkan bagian di pinggir jempol mengalami goresan. Hal ini lah yang mengakibatkan kuku menjadi tumbuh ke dalam.

  1. Menggunakan sepatu sempit

Faktor lain yang mengakibatkan cantengan ialah memakai sepatu yang terlalu sempit. Menggunakan sepatu dengan jenis ujungnya yang mengerucut misalanya flat shoes atau high heel akan membuat jari kak terkompres bersama dan membuat kuku menjadi tumbuh tidak normal. Jadi orang yang sering menggunakan sepatu model ini pasti sering juga mengalami masalah cantengan ini.

  1. Tidak menjaga kebersihan di area kaki

Untuk dapat menjaga kesehatan kaki hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan kaki. Sangat penting untuk memperhatikan kebersihan sepatu dan kaus kaki yang kamu pakai. Jangan sampai masalah ini sampai mengganggu aktivitas kamu. Pakailah sepatu yang nyaman di kaki dan terus mengganti kaus kaki usai melakukan aktivitas. Jangan sampai menunggu kaus kaki berbau tidak sedap, bila malas untuk mengganti kaus kaki akan menimbulkan bau pada kaki dan mengalami masalah cantengan.

  1. Cedera kaki

Bila alami cedera akut di sekitar kuku atau mengalami trauma apa saja yang bisa membuat kuku rusak berulang kali misalnya sering bermain bola ini akan mengakibatkan kuku menjadi tumbuh ke dalam. Bahkan hanya mengalami kesandung aja bisa menimbulkan perubahan pada bentuk kuku dan akan timbul cantengan.

  1. Bentuk kuku yang melengkung

Beberapa orang memiliki kuku yang lebih bulat serta melengkung ketimbang orang lain. Karena hal ini bisa meningkatkan resiko tumbuh kuku ke dalam. Orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung ini biasanya karena faktor keturunan, jadi orang yang memiliki bentuk kuku seperti ini harus hati-hati ketika memotong kukunya.