Posted on

Keunikan Baju Adat Sulawesi Tengah

Salah satu provinsi yang mempunyai wilayah cukup luas jika dibandingkan dengan wilayah provinsi lainnya yang ada di Indonesia adalah provinsi Sulawesi Tengah.

Bukan hanya wilayahnya saja yang luas ternyata provinsi Sulawesi Tengah yang ada di pulau Sulawesi juga memiliki kekayaan alam yang berlimpah serta kesenian dan budaya yang beragam. Dimana budaya yang ada di provinsi Sulawesi Tengah tentu berbeda dengan budaya yang ada di provinsi lainnya.

Adapun salah satu budaya yang unik yang ada di Sulawesi Tengah dapat dilihat dari baju adatnya. Baju adat Sulawesi Tengah dikenal beragam dengan ciri khas tersendiri yang berbeda dengan baju adat daerah lainnya di Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keanekaragaman baju adat Sulawesi Tengah, langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Baju Adat Lambu

Pixabay.com

Salah satu baju adat yang berasal dari Sulawesi Selatan adalah baju adat lambu. Baju adat yang satu ini bisa digunakan oleh pria ataupun wanita. Baju adat lambu yang digunakan wanita tentu berbeda dengan baju adat lambu yang dikenakan pria.

Dimana baju adat lambu yang dikenakan wanita memiliki model blus berwarna merah ataupun hitam dengan lengan yang panjang. Selain itu baju adat lambu yang dikenakan wanita biasanya mempunyai beberapa aksesoris berupa yang menarik seperti kalung, ikat pinggang, cincin, anting hingga konde.

Bahkan untuk mempercantik tampilan wanita yang mengenakan baju adat lambu, tidak jarang menambahkannya dengan aksesoris berupa pasapu atau mahkota yang menghiasi bagian kepala.

Sedangkan bagian bawah baju adat lambu yang dipakai wanita dilengkapi dengan rok panjang yang dihiasi dengan motif rantai yang berwarna kuning keemasan. Dengan model serta berbagai aksesoris yang ada pada baju adat lambu maka tidak heran jika baju adat lambu yang dikenakan wanita akan terlihat mewah dan elegan.

Adapun baju adat lambu yang dikenakan pria memiliki model blus dengan motif rantai yang berwarna kuning keemasan. Meskipun baju adat lambu yang dikenakan oleh wanita dan pria memiliki model yang hampir sama, namun sebenanrya keduanya sangatlah berbeda.

Pasalnya pada bagian bawah baju adat lambu yang dikenakan pria yang berbentuk celana panjang yang berwarna merah.

Baju Adat Nu’boune

Adapun baju adat lainnnya yang ada di Sulawesi Tengah yaitu baju adat Nu’boune. Baju adat yang satu ini biasanya dikenakan oleh para wanita. Baju adat Nu’boune berwarna kuning dengan model blus.

Sedangkan pada bagian bawahnya menggunakan rok mahantan yang panjang sampai menyentuh mata kaki. Untuk mempercantik tampilan wanita yang memakai baju adat Nu’boune maka digunakanlah berbagai aksesoris yang pendukung yang indah.

Beberapa aksesoris yang digunakan sebagai pelengkap baju adat Nu’boune diantaranya adalah selendang, anting, gelang dan juga kalung.

Baju Adat Nggembe

Baju adat lainnya yang tidak kalah unik dan berasal dari Sulawesi Tengah ialah baju adat Nggembe. Dimana baju adat yang satu ini dibuat khusus untuk dapat digunakan oleh remaja putri ataupun wanita Sulawesi Tengah.

Pengguaan baju adat Nggembe juga tidak boleh sembarangan, pasalnya baju adat ini biasanya hanya digunakan untuk menghadiri acara tertentu seperti acara pesta ataupun untuk menghadiri upacara adat.

Bentuk baju Nggembe bisa dibilang cukup unik, dimana baju adat yang satu ini memiliki bentuk segi empat dengan kerah yang berbentuk bulat. Dengan kata lain baju adat Nggembe memiliki model blus longgar dengan lengan panjang sampai pinggang.

Supaya wanita yang menggunakan baju adat Nggembe terlihat semain anggun, biasanya baju adat Nggembe dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang menarik seperti kalung barunyai, gelang panjang, anting panjang, pending hingga penutup dada beserta sarung tenun donggala.

Baju Adat Tumpe

Pixabay.com

Baju adat tumpe merupakan salah satu baju adat Sulawesi Tengah yang unik dan indah. Baju adat yang satu ini biasanya digunakan oleh wanita suku Saluan yang ada di Sulawesi Tengah. Model baju tumpe berupa blus yang memiliki warna dominan  kuning yang dilengkapi dengan hiasan sungkup nu’ubak atau penutup kepala.

Supaya tumpe terlihat semakin menarik biasanya dilengkapi dengan aksesoris berupa ikat pinggang berwarna hitam. Adapun untuk bagian bawahnya, baju adat tumpe dilengkapi dengan rok yang panjang sampai mata kaki yang berwarna merah jambu dengan motif belang-belang.

Sedangkan untuk aksesoris baju adat tumpe menggunakan anting, potto, jaling selempang hingga kalung. Baju adat tumpe sering digunakan untuk mengikuti upacara adat sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Itulah beberapa informasi mengenai baju adat yang ada di Sulawesi Tengah. Dimana setiap suku yang ada di Sulawesi Tengah memiliki baju adat masing-masing yang berbeda satu sama lain. Setiap baju adat tentu memiliki keunikan tersendiri  yang menjadi daya tarik sehingga orang-orang akan tertarik untuk melihatnya.

Dengan banyaknya baju adat yang ada di setiap daerah, tentu hal tersebut akan menjadi bukti bahwa budaya yang ada di Indoensia sangatlah beragam. Semoga dengan beberapa informasi diatas dapat menambah wawasan kalian seputar baju adat yang ada di Indoensia khusunya yang ada di wilayah Sulawesi Tengah.

Silahkan kamu pilih salah satu baju adat khas Sulawesi tengah diatas untuk dijadikan jersey yang akan kamu pesan di jasa jersey printing.