Posted on

Baik Untuk Pertumbuhan, Berikut Makanan Kalsium Untuk Bayi 6 Bulan

Di usia 0-6 bulan bayi memperoleh semua nutrisi hanya dari ASI, namun menginjak usia 6 bulan perlu mulai diberikan makanan pendamping untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Salah satu nutrisi yang diperlukan dalam pertumbuhan adalah kalsium. Zat ini berperan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi, pembekuan darah, serta berperan dalam kinerja sistem syaraf jantung dan otot. Berikut makanan kalsium untuk bayi 6 bulan yang harus anda tahu.

Jenis Makanan Berkalsium Bagi Bayi

  1. Susu

Bahan satu ini adalah sumber utama dalam memenuhi kebutuhan kalsium bagi bayi. Pada bayi, susu dapat diperoleh dari air susu ibu dan susu formula. Namun, pemberian air susu ibu lebih baik untuk bayi karena memiliki segudang manfaat yang lebih baik daripada susu formula. Pemberian ASI lebih baik dilakukan hingga si kecil berumur 2 tahun, sedangkan susu formula dapat diberikan sebagai tambahan saja. Susu tersebut dapat dicampurkan pada makanan bayi.

  1. Ikan Teri

Ikan kecil satu ini memiliki kandungan protein dan kalsium yang cukup baik. Terdapat sekitar 1200 gram kalsium dalam satu ons ikan teri, dimana jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Ikan teri dapat dicampurkan ke dalam bubur si kecil. Namun, sebelum itu ukuran dan tekstur ikan harus dilembutkan dahulu agar memudahkan bayi menelan.

  1. Kacang Kedelai

Jenis makanan kalsium untuk bayi 6 bulan ini sangat baik bila diberikan pada si kecil. Hal tersebut dikarenakan pada kacang kedelai memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dalam satu mangkok kacang kedelai, memiliki sekitar 55 gram kalsium. Sebelum memberikannya pada bayi, kacang kedelai perlu diolah dahulu agar memiliki tekstur yang memudahkan si kecil untuk mencernanya.

  1. Tahu

Sebagai salah satu bentuk olahan kacang kedelai, tentunya tahu memiliki kandungan kandungan kalsium yang tinggi. Tahu yang berukuran sedang memiliki jumlah kalsium sekitar 125 gram. Bahan satu ini sangat cocok dijadikan makanan untuk si kecil yang masih berumur 6 bulan, apalagi dengan tekstur lembut yang dimilikinya tentunya akan memudahkan bayi dalam mengkonsumsinya.

  1. Brokoli

Makanan kalsium untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah brokoli. Bahan satu ini memiliki kalsium yang lebih tinggi dibandingkan jenis sayuran hijau lainnya. Biasanya, para ibu menjadikan makanan ini sebagai campuran dalam bubur bayi yang biasa dikonsumsi si kecil. Karena bentuknya yang khas, selain dijadikan campuran makanan, brokoli juga biasanya digunakan untuk melatih kemampuan finger food si kecil.

 

Di usia perkembangannya, si kecil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, salah satunya adalah kalsium. Kebutuhan kalsium pada bayi berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga makanan berkalsium tinggi tersebut harus mulai diberikan oleh ibu pada si kecil. Dalam pemilihan jenis makanan, harus disesuaikan dengan kondisi bayi, usahakan memilih makanan yang memiliki tekstur lembut agar si kecil mudah dalam mencernanya.