Posted on

Bahaya Pemberian Air putih pada bayi usia 0-6 bulan

Air putih adalah satu satunya air yang menyehatkan dan tidak memiliki efek samping, sangat baik juga bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Akan tetapi air putih juga memiliki batasan usia ketika meminumnya.

Bahaya pemberian air putih pada bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan

Pemberian air putih pada bayi berusia 0 sampai 6 bulan tidak memiliki efek apapun pada bayi, bahkan dapat menyakiti bayi karena beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut:

Bayi besar kemungkinan terinfeksi oleh suatu bakteri

Air putih yang diberikan besar kemungkinan mengandung bakteri yang buruk untuk bayi, sedangkan bayi tidak memiliki imun yang cukup untuk melindungi tubuhnya. Ada beberapa efek yang ditimbulkan ketika bayi minum air putih yang memiliki bakteri di dalamnya.

Di antara efek sampingnya adalah bayi dapat mengalami diare, bayi akan terus menerus buang air besar. Bahkan ada juga bayi yang fesesnya mengandung darah karena diminumkan oleh orang tuanya air putih yang tidak steril.

Terbuangnya elektrolit yang ada dalam ginjal

Bayi yang minum air putih akan sering mengeluarkan pipis sedangkan ginjal bayi masih belum dapat beraktivitas sempurna dan dalam masa pertumbuhan. Aktivitas ini dapat menyebabkan hilangnya elektrolit dalam darah dalam tubuh bayi.

Hilangnya elektrolit ini dapat mempengaruhi kerja otak, sehingga kerja otak akan menurun. Karena lama kelamaan bayi akan mengeluarkan banyak elektrolit dari tubuhnya dari jantung, paru paru, ginjal, dan organ lainnya. Yang kemudian dapat menyebabkan bayi kejang kejang dan memiliki suhu tubuh yang rendah.

Merusak fungsi ginjal

Ginjal yang diminumi air putih terus, akan bekerja lebih keras dibandingkan biasanya. sedangkan ginjal bayi masih belum dikatakan sempurna. Dan ginjal bayi disuruh untuk bekerja keras mengolah air putih yang masuk dalam dirinya.

Padahal ginjal bayi berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh bayi. Jika bayi banyak minum air putih maka bayi besar kemungkinan dapat mengalami keracunan air. Efek yang dihasilkan dari ini adalah bayi dapat mengalami suhu yang rendah pada tubuhnya, wajah yang membengkak, dan kejang kejang.

Ayah ibu perlu diperhatikan ya … memang air putih itu sehat tetapi bayi masih belum layak untuk diberi air putih. Bayi harus diberi asupan yang tepat, yaitu asi. Satu satunya asupan yang bergizi dan tepat untuk diberikan kepada bayi.