Posted on

Bagian – Bagian Usus Besar dan Fungsi Usus Besar

 

Usus memegang peran yang sangat besar dalam berlangsungnya sistem pencernaan pada manusia. Usus sendiri merupakan organ tubuh bagian dalam yang bertugas untuk mengolah makanan agar semua  nutrisi pada makanan bisa diserap oleh tubuh. Usus sendiri terbagi menjadi bagian usus besar dan usus kecil. Bagian usus besar inilah yang mempunyai peran paling besar dalam saluran pencernaan. Tanpa adanya usus besar tentu makanan tidak bisa diolah dengan maksimal. Namun sayangnya walaupun usus besar menjadi bagian paling penting namun pada bagian inilah yang sering mengalami masalah. Bagian usus besar tersebut terbagi menjadi beberapa bagian yang mempunyai fungsi masing – masing.

Bagian pertama adalah sekum. Sekum mempunyai fungsi sebagai penghunung antara usus besar dan juga kolon. Sekum mempunyai bentuk seperti kantung dengan ukuran yang kecil. Bagian ke dua adalah usus buntu. Usus buntu mempunyai fungsi sebagai anti body untuk manusia. Usus buntu mempunyai bentuk seperti tonjolan kecil yang berukuran cukup kecil. Namun sayangnya usus buntu tersebut sering dipandang sebagai penyebab masalah untuk kesehatan. Bagian ke tiga adalah kolon. Bagian kolon menjadi bagian paling besar yang ada pada usus besar. Kolon terdiri dari berbagai macam mulai dari kolon asenden, transversum, desenden, dan juga sigmoid. Bagian ke empat ada rektum dan anus. Kedua bagian ini memegang peran yang berbeda. Rektum mempunyai tugas sebagai tempat penyimpanan fases sebelum dikeluarkan melalui saluran pembuangan yakni anus.

Usus besar juga mempunyai fungsi utama yang sangat penting. Beberapa fungsi utama usus besar yang harus anda ketahui adalah merupakan bagian tubuh untuk melakukan penyerapan air, penyerapan vitamin, mengurangi kadar keasaman, dan menghasilkan sebuah antibody. Walaupun menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem pencernaan manusia, usus besar tersebut juga sering menjadi sarangnya masalah kesehatan. Beberapa masalah yang berada di usus besar adalah sembelit, diare, gas intestinal, dan juga masalah penyakit lainnya yang serius. Memperhatikan kebersihan usus menjadi kunci agar terhidar dari berbagai masalah tersebut.