Posted on

Apakah hamil anggur bisa hamil lagi?

Hamil anggur adalah sesuatu hal yang tidak diharapkan bagi para calon ibu. Hamil seperti itu menyebabkan janin tidak berkembang dan beresiko terhadap kehamilan selanjutnya.

Istilah hamil anggur mungkin tidak asing bagi para Bunda. Hamil anggur merupakan suatu kegagalan kehamilan. Hamil ini diartikan juga sebagai hamil kosong. Sebagian besar wanita merasa cemas untuk bisa hamil lagi, karena khawatir akan mengalami hamil seperti itu kembali. Jadi apakah hamil anggur bisa hamil lagi?. Mari kita simak di penjelasan kali ini.

Hamil anggur terjadi karena sel telur yang dibuahi tidak berkembang, namun plasenta tumbuh abnormal dan membentuk anggur. Pada awal kehamilannya seorang ibu yang hamil anggur akan mengalami ciri-ciri seperti hamil normal, namun pada kenyataannya janin tidak berkembang. Anda bisa melihat gejalan hamil ini dan untuk mengetahui jelasnya diperlukan USG. Selengkapnya tetap simak artikel ini ya.

Gejala hamil anggur adalah sebagai berikut:

  1. Terjadi pendarahan pada trisemester pertama
  2. Mual dan muntah hingga sangat parah
  3. Perut terlihat lebih besar melebihi usia kehamilan
  4. Nyeri panggul yang berlebihan
  5. Keluarnya cairan kecoklatan atau gumpalan mirip anggur

apakah hamil anggur bisa hamil lagi? Sebenarnya, tidak direkomendasikan apabila setelah mengalami hamil anggur mencoba untuk hamil lagi dalam waktu dekat. Karena dikhawatirkan masih terdapat jaringan abnormal yang beresiko hamil anggur.

bagaimana jika mengalami hamil anggur. Sebagian besar ibu yang mengalami hamil tersebut akan mengalami keguguran spontan yang mengeluarkan gumpalan menyerupai anggur. Namun apabila tidak mengalami keguguran maka dokter akan melakukan tindakan seperti :

  1. kuret

kuret bertujuan untuk mengangkat jaringan abnormal menggunakan alat khusus. Tindakan ini

tepat bagi yang ingin hamil lagi

  1. histerektomi

Bagi yang tidak memiliki rencana hamil lagi maka dokter akan melakukan histerektomi yaitu pengangkatan rahim.

  1. Pemulihan

Seb abnormal kemungkinan ada yang tertinggal di rahim setelah di kuret, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan rutin untuk pemulihan normal kembali.

Demikian penjelasan tentang Apakah hamil anggur bisa hamil lagi. Bagi bunda yang ingin segera menimang bayi semoga dimudahkan.