Posted on

Apakah Burung Bangau Makan Ikan Saja?

Jawabannya ya dan tidak. Bangau adalah karnivora. Tentu ikan masuk sebagai bagian santapan khas karnivora, tapi bangau tidak mesti makan ikan. Meskipun ada perbedaan besar dalam spektrum makanan dari masing-masing spesies, ikan, katak dan tikus, serangga adalah makanan utama bagi sebagian besar bangau

 

Bangau putih dan bangau leher wol dan kerabat mereka dari genus Ciconia, kecuali bangau Abdim, adalah oportunis makanan. Meskipun katak tampaknya menjadi makanan yang paling penting bagi bangau putih dalam kepercayaan populer, mereka sebenarnya hanya membentuk sebagian kecil dari makanan. Ikan, berudu, ular, kadal, tikus tanah, tikus tanah dan hamster, serta serangga besar merupakan proporsi yang lebih besar – bangau putih dikenal di kawasan musim dingin Afrika untuk makan belalang. Penangkapan musang, kambing muda dan kucing telah didokumentasikan, tetapi hanya terjadi dalam kasus yang jarang terjadi. Bangau ini biasanya menyelinap mendekati mangsanya dengan langkah lambat dan kemudian menyerang dengan paruh mereka dengan kecepatan kilat.

 

Bangau besar dan Jabiru memberi makan dengan cara yang sama, tetapi terutama dari mangsa yang lebih besar. Mangsa Jabiru adalah ikan-ikan caiman kecil. Sementara bangau Marabu juga pemakan ikan. Bangau Abdim, kerabat dekat bangau putih, memiliki pola makan yang berbeda. Ini adalah burung padang terbuka tanpa ada koneksi ke air. Makanannya hampir secara eksklusif terdiri dari serangga, terutama belalang dan ulat bulu. Alih-alih menyelinap mengintai mangsa, ia bergerak sangat cepat ketika menyerang mangsanya.

 

Adapun jenis Bangau whisker mengkhususkan diri dalam berburu di air yang sangat dangkal, yang sering berlumpur dan berawan. Karena mata mereka tidak dapat melihat apapun di air ini, mereka bergerak melalui air dengan paruhnya yang terbenam. Mereka mengocok lumpur dengan kaki mereka untuk menakuti mangsanya. Jika mangsa bersentuhan dengan paruh, bangau segera mengambilnya. Makanannya adalah ikan kecil, udang kecl, krustasea lain, dan serangga air. Keistimewaan dalam genus ini adalah bangau susu, yang berspesialisasi dalam menggali ikan jumper lumpur di tanah bakau.