Posted on

Apa yang Menyebabkan Mata Merah Pada Bayi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

 

Seringkali bayi mengalami beberapa masalah kesehatan yang menganggu kesehariannya. Beberapa kondisi masih cukup ringan untuk ditangani. Akan tetapi, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan kondisi bayi menjadi lebih buruk jika tidak ditangani. Salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan secara seksama adalah mata merah. Bayi yang mempunyai mata merah memiliki beberapa kondisi kesehatan tertentu. Salah satu kondisi yang cukup ringan ketika bayi memiliki mata merah adalah ketika bayi mengantuk. Jika hal ini menjadi penyebabnya, maka orang tua tidak perlu khawatir. Akan tetapi, jika mata merah pada bayi disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, maka bayi harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Salah satu hak yang menyebabkan mata merah pada bayi adalah adanya infeksi atau peradangan pada konjungtiva (bagian pink dalam kelompok mata). Penyakit ini sering disebut dengan konjungtivitis. Ada beberapa hal yang menyebabkan konjungtivitis. Salah satunya adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan alergi. Jika konjungtivitis disebabkan oleh bakteri ataupun alergi, maka penyakit ini tidak menular. Akan tetapi, jika konjungtivitis disebabkan oleh virus, maka penyakit ini akan cepat menular dari satu mata ke mata yang lain ataupun menularkan kepada orang di sekitar. Oleh karena itu, bayi yang menderita mata merah karena konjungtivitis harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Mata merah yang menimpa bayi juga dapat disebabkan oleh adanya iritasi pada mata. Ada beberapa hal yang menyebabkan mata bayi menjadi iritasi, misalnya, rokok, debu, dan parfum. Oleh karena itu, bayi yang mengalami mata iritasi harus segera dijauhkan dari sumber iritasi agar tidak semakin parah. Selain itu, bayi juga perlu diberi obat tetes mata yang diberikan sesuai dengan resep dokter. Mata merah yang menimpa bayi juga dapat disebabkan oleh bayi yang sedang sakit flu atau gangguan saluran pernapasan lain. Biasanya, gejala mata merah akan segera menghilang ketika bayi sudah sembuh dari sakit flu atau pernapasan yang lain.