Posted on

99 Asmaul Husna

 

Asmaul Husna yang berarti nama-nama yang mulia merupakan nama-nama baik bagi Allah SWT yang jumlahnya 99. Sebagai seorang muslim, ada istilah rukun iman. Salah satu satu rukun iman adalah iman kepada Allah SWT. Iman kepada Allah SWT ini seharusnya tidak hanya diucap secara lisan tetapi juga harus diwujudkan dalam suatu bentuk pengamalan.

Salah satu wujud pengamalan iman kepada Allah SWT adalah dengan mengetahui nama-nama baik Allah, menghafalkan, memahami serta mengamalkan nama-nama baik Allah tersebut. Selain mendapatkan pahala, kita pun mendapatkan kasih sayang dari Allah Ta’ala.

Mengenal Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan nama-nama baik bagi Allah SWT. Sebagai seorang hamba, manusia harus mengenal Allah agar dapat memuja serta beribadah kepada Allah dengan khusyu’ penuh penghayatan serta rasa berserah diri sebagai seorang hamba. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenal Allah adalah dengan memahami nama-Nya.

Sebelum dapat memahami nama-nama Allah SWT, manusia harus mengenal atau mengetahui nama-nama Allah terlebih dahulu yang biasa disebut Asmaul Husna. Asmaul Husna merupakan nama-nama yang baik dan indah bagi Allah SWT. Nama-nama baik untuk Allah sebenarnya sangat banyak, tetapi Allah hanya memperkenalkan 99 saja melalui perantara wahyu yaitu Al-Qur’an.

Nama-nama Allah pada Asmaul Husna menunjukkan keindahan, keagungan, dan kesempurnaan karena Allah adalah dzat yang Maha Sempurna tanpa kekurangan.

Manfaat Mengamalkan Asmaul Husna

  1. Membuka pintu rezeki

Setiap makhluk ciptaan Allah di bumi telah memiliki jatah rezekinya masing-masing. Walau begitu, rezeki tak akan datang begitu saja tanpa adanya usaha untuk menjemputnya. Untuk menjemput rezeki, manusia dapat melakukan ikhtiar dengan bekerja. Selain itu, manusia juga harus menambah amalan baik yang dapat membukakan pintu rezeki seperti bersedekah dan sholat dhuha.

Membaca dan mengamalkan Asmaul Husna juga dapat membantu memperlancar rezeki karena di dalam 99 Asmaul Husna telah disebutkan bahwa Allah Maha Kaya.  Asmaul Husna Al Mughni, Al Ghaniyyu dan nama-nama baik Allah yang jika dibaca secara rutin Insya Allah dapat membuat rezeki Anda datang dengan lebih mudah.

  1. Membatasi hawa nafsu

Manusia merupakan makhluk Allah yang diciptakan paling sempurna dengan akal pikiran. Namun, satu kelemahan manusia adalah hawa nafsu yang identik dengan sesuatu yang negatif. Nafsu terhadap harta dan berbagai jenis nafsu lain yang dapat membawa manusia pada hal-hal yang negatif.

Karena itulah hawa nafsu harus dikendalikan dan dibatasi. Salah satu caranya adalah dengan melantunkan 99 Asmaul Husna atau nama-nama baik bagi Allah kemudian mengamalkannya. Beberapa nama Allah yang dapat diamalkan untuk mengendalikan hawa nafsu adalah Al Mumit dan Al Muhshi.

  1. Mencerdaskan otak

Selain dapat membukakan pintu rezeki dan dapat membatasi hawa nafsu, membaca Asmaul Husna dan menghafalkannya dapat mencerdaskan otak. Dengan menghafalkan Asmaul Husna, kecerdasan otak kiri dan otak kanan akan menjadi seimbang.

  1. Menghindari sifat lupa

Lupa adalah salah satu sifat dasar yang dimiliki oleh manusia yang pasti pernah dialami oleh setiap orang. Namun, Anda bisa mencegah lupa agar tidak terjadi terlalu sering dengan cara mengamalkan nama-nama yang baik bagi Allah atau Asmaul Husna.

Apabila sering diamalkan, sifat lupa yang sering dialami akan berkurang sedikit demi sedikit. Salah satu nama Allah yang dapat diamalkan agar Anda terhindar dari sifat lupa adalah Ar Rahman.

  1. Mendapat ampunan Allah

Manusia tak luput dari kesalahan dan dosa meskipun diciptakan dengan sempurna. Karena itulah sebagai hamba, manusia wajib memohon ampunan serta bertawakkal kepada Allah SWT. Memohon ampunan kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memperbanyak doa dan dzikir.

Memohon ampunan juga dapat dilakukan dengan cara melantunkan serta mengamalkan Asmaul Husna. Karena itulah sangat disarankan untuk membaca Asmaul Husna secara rutin agar dosa yang telah diperbuat menjadi gugur. Maha Pengampun adalah salah satu sifat Allah SWT yang disebutkan di dalam Asmaul Husna yaitu Al Affuwu.

Asmaul Husna perlu diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak sehingga mereka dapat menumbuhkan kecintaan terhadap Allah sejak dini. Selain itu, memperkenalkan Asmaul Husna sejak dini juga akan menumbuhkan rasa takut terhadap Allah di hati anak-anak. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh dengan membentengi diri dari hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Mengenalkan Asmaul Husna dapat dilakukan melalui rekaman audio seperti mp3 dengan cara download mp3 Asmaul Husna. Setelah melakukan download mp3 Asmaul Husna, berkas audio tersebut dapat diputar menggunakan audio player sehingga dapat didengarkan oleh anak-anak.

Umumnya, lantunan Asmaul Husna yang dirangkum dalam suatu file atau berkas audio bentuknya seperti lagu sehingga lebih enak didengarkan. Selain lebih enak didengar, lantunan Asmaul Husna dalam bentuk mp3 juga lebih mudah diingat karena dapat dilantunkan bersamaan saat mendengarkan berkas audio tersebut.