Posted on

5 Olahan Nanas yang Wajib Anda Coba

Tidak hanya bermanfaat untuk dijadikan konsumsi diet, buah nanas juga bisa dibuat olahan yang tak kalah sedapnya. Buah yang kaya akan manfaat ini bisa anda olah menjadi makanan dan camilan yang enak dan membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya. Buah nanas juga mudah sekali ditemui di berbagai musim sehingga anda bisa menjadikannya sebagai bahan untuk membuat olahan yang sedap. Mari simak olahan nanas yang wajib anda coba.

Beragam Olahan Buah Nanas yang Menggugah Selera

1 Asinan Nanas

Daripada bosan mengkonsumsi buah nanas yang di jus, anda bisa mencoba untuk mengolahnya menjadi asinan nanas yang segar dan membuat ketagihan. Caranya pun mudah cukup dengan merebus air dan memasukkan gula pasir, garam, dan cabai yang sudah dihaluskan. Anda bisa menyajikan asinan buah nanas dalam keadaan dingin sehingga akan menyegarkan tubuh.

  1. Nanas Goreng

Tidak hanya pisang yang bisa digoreng, nanas goreng pun bisa disajikan bersama dengan taburan wijen diatasnya. Cara mengolahnya pun terbilang sederhana yaitu mencampurkan terigu, garam, dan vanili. Kemudian tuangkan air secukupnya ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Setelah itu masukkan potongan nanas ke dalam adonan dan goreng hingga matang. Sajikan denga taburan wijen diatasnya sehingga memiliki tampilan menarik.

  1. Ongol Ongol Nanas

Olahan nanas yang wajib anda coba adalah ongol ongol nanas. Ongol ongol nanas adalah kue yang berbahan dasar nanas dan memiliki citarasa yang gurih dan asam. Untuk membuatnya anda harus menyiapkan bahan bahan seperti bihun, sagu tani, gula pasir, garam, daun pandan, dan tentunya parutan nanas. Masukkan semua bahan ke dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang dan tunggu hingga matang.

  1. Puding Nanas

Selain diolah menjadi asinan yang segar, anda juga bisa membuat puding nanas. Bahan yang dibutuhkan adalah susu cair, agar agar putih, sejumput garam, 6 gelas air, dan potongan nanas. Cara untuk membuatnya pun gampang cukup masukkan susu cair dan tambahan sebanyak 6 gelas. Masaklah hingga adonan mendidih dan tercampur rata dan tatalah potongan nanas pada cetakan. Setelah itu tuang adonan yang mendidih dan tunggu hingga dingin.

  1. Dodol Nanas

Untuk membuat olahan nanas berupa dodol anda harus menyiapkan bahan seperti nanas yang sudah matang, gula pasir, gula merah, garam, santan dan tepung ketan. Parutlah nanas yang sudah matang dan masak hingga airnya menyusut dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu masukkan gula merah dan gula putih sambil diaduk terus menerus dan masukkan santan dengan tepung ketan. Dodol pun siap dihidangkan jika adonan sudah tidak terasa lengket.

Masih banyak lagi beragam olahan buah nanas yang bisa anda coba buat di rumah dan sajikan bersama dengan keluarga. Anda bisa menggunakan nanas sebagai bumbu makanan yang berfungsi untuk membuat daging terasa lebih empuk dan mudah untuk dikonsumsi. Selain segar untuk dikonsumsi, anda bisa mengolahnya menjadi makanan khas dan menarik untuk disajikan.