Posted on

5 Bahaya Suami Merokok saat Istri Hamil yang Wajib Diketahui

Menjaga kehamilan bukan hanya isteri, tetapi juga ayah. Seorang suami wajib mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat istrinya hamil, termasuk merokok. Suami harus memahami bahwa ada beberapa bahaya suami merokok saat istri hamil yang wajib dihindari. Berikut ulasannya.

Bahaya Suami Merokok saat Istri Hamil

Asap rokok mengandung banyak zat racun sehingga sangat berbahaya bila suami merokok di dekat istrinya yang sedang hamil. Berikut ini bahaya asap rokok bagi ibu hamil maupun janinnya.

  1. Keguran: bahan kimia pada asap rokok akan masuk ke dalam aliran darah ibu dan janin dan pada akhirnya menyebabkan keguguran.
  2. Berat bayi lahir rendah (BBLR): bayi dengan BBLR memiliki risiko mengalami gangguan pernapasan, hipotermia, gangguan otak, masalah pencernaan, dan kekurangan gula darah.
  3. Prematur: bayi prematur berisiko menderita berbagai penyakit, seperti gangguan organ, sakit jantung bawan, penyakit kuning, infeksi, perdarahan di pembuluh darah otak, dan asma.
  4. Sindrom kematian mendadak: bayi dari ibu yang terpapar asap rokok ketika hamil bisa meninggal mendadak ketika sedang tidur.
  5. Stillbirth: yaitu ibu mengalami kelahiran mati pada usia kehamilan di atas 20 minggu.

Itulah 5 bahaya suami merokok saat istri hamil. Mengingat bahaya-bahaya tersebut maka sebaiknya suami tidak merokok di dekat istri. Tentunya, akan lebih baik jika kebiasaan merokok dihentikan sama sekali.