Posted on

4 Manfaat Jamur Lingzhi Untuk Kesehatan Anda Yang Wajib Diketahui

 

Jamur reishi yang cukup populer di Asia, terutama di Tiongkok ini telah digunakan sebagai obat tradisional yang sangat ampuh. Keampuhannya untuk pengobatan juga didukung dengan 400 senyawa bioaktif yang baik untuk kesehatan. Ciri ciri jamur satu ini, yaitu ukuran besar, warna gelap, dan mengkilap. Cara mengkonsumsi jamur reishi atau jamur lingzhi ini beragam, seperti dikonsumsi langsung atau diekstrak. Yuk simak ulasan lengkap tentang manfaatnya di bawah ini!

Manfaat Jamur Reishi untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Telah dilakukan berbagai penelitian terkait manfaat jamur ini untuk kekebalan tubuh manusia. pertama telah dibuktikan bahwa senyawa dalam jamur ini mampu meningkatkan kerja gen sel darah putih yang menjadi tonggak sistem imun. Kedua jamur reishi ini juga dapat mengurangi peradangan dalam sel darah putih. Tidak hanya itu, molekul jamur unik ini juga dapat melawan infeksi dan kanker dalam tubuh. Fungsi limfosit juga meningkat berkat konsumsi jamur satu ini.

  1. Mengurangi Peradangan dan Kerusakan Oksidatif

Ditemukan fakta bahwa beberapa senyawa aktif dalam jamur ini bekerja sebagai antioksidan yang cukup baik bagi tubuh. Penelitian telah dilakukan pada sejumlah sample dengan memberi jamur lingzhi selama 14 hari uji coba. Hasil yang diperoleh cukup memuaskan karena terbukti dapat meningkatkan anti peradangan dan antioksidan yang dapat melindungi darah dari efek radikal bebas. Peradangan pada penderita asma dan rematik juga dapat diatasi dengan baik.

  1. Mengurangi Kelelahan dan Depresi

Menemukan sebuah manfaat baru yang dikandung jamur reishi ini dilakukan kepada 132 pasien neurasthenia. Pemberian suplemen jamur selama 8 minggu berturut turut membuahkan hasil yang sangat baik. Penderita yang mengalami kelelahan berkurang dan merasa lebih baik setelah konsumsi suplemen tersebut. Tidak hanya itu, pasien kanker payudara juga mengaku rasa lelah yang dideritanya berkurang dan merasa lebih baik setelah konsumsi bubuk reishi tersebut.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung dapat diderita oleh siapa saja yang ditandai dengan penyempitan pembuluh arteri. Akan tetapi, penyakit itu dapat diatasi dengan pemberian ekstrak jamur lingzhi untuk mengurangi risiko penyempitan arteri dan kerusakan sel sel yang melapisi pembuluh darah. Selain itu, ekstrak reishi ini juga telah membuktikan dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan resistensi terhadap insulin. Bagi penderita darah tinggi juga dapat diobati dengan jamur ini.

Jika anda menemukan jamur reishi atau ekstraknya, anda dapat menggunakannya sebagai salah satu cara pengobatan tradisional. Beberapa penyakit telah dapat disembuhkan atau berkurang risikonya dengan konsumsi ekstrak jamur reishi ini. Berbagai keluhan anda dapat diobat, seperti meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi peradangan, antikanker, mengurangi rasa lelah dan depresi, serta mencegah penyakit jantung. Sudahkah anda mencoba konsumsi ekstrak jamur reishi ini?