Posted on

3 Mitos Gunung Wilis yang Menyeramkan dan Sarat Misteri

Mitos Gunung Wilis menyimpan banyak cerita mistis dan mengerikan di balik lokasinya yang berada di 6 kabupaten di Jawa Timur.

Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia untuk mendengar mitos-mitos dari berbagai gunung. Tak terkecuali dengan gunung Wilis. Gunung yang terletak di perbatasan 6 kabupaten di Jawa Timur ini memiliki mitos tersendiri.

Beberapa mitos terdengar lebih menyeramkan, terlebih dengan posisinya yang menyatukan 6 kabupaten sekaligus. Berikut beberapa mitos gunung Wilis.

Mitos di Gunung Wilis

Mitos Monyet Bertapa

Istilah munyuk atau monyet bertapa merupakan mitos gunung Wilis yang paling mistis. Konon ada monyet berbulu hitam legam dengan wajah yang seram. Biasanya makhluk ini selalu menghadap ke arah matahari tenggelam. Keberadaannyq sendiri masih menjadi misteri.

Apakah monyet ini benar-benar ada tidak bisa dikonfirmasi oleh masyarakat biasa. Ada yang menyebutkan bahwa hanya yang memiliki indra keenam yang yang mampu melihat makhluk ini.

Mitos Kuburan Korban PKI

Mitos gunung Wilis selanjutnya ada kaitannya dengan fakta sejarah. Saat para anggota PKI mulai terpojok, banyak yang melarikan diri ke gunung Wilis. Karena tidak lagi memiliki kesempatan untuk lari, beberapa anggota kemudian menyiksa dan mengubur sandera PKI di gunung Wilis.

Konon arwah-arwah korban kekejaman PKI sering menampakkan diri dan menimbulkan suasana mistis. Jika berperilaku kurang sopan di gunung maka akan mendapatkan peringatan dari para arwah penghuni. Jika berkunjung ke gunung Wilis, maka pengunjung dapat melihat papan penunjuk kuburan para korban PKI.

Mitos Baru Klinting

Saat mendaki gunung Wilis, pendaki bisa melihat danau yang ada di lereng gunung Wilis. Di danau tersebut ada tugu Baru Klinting dalam bentuk naga raksasa. Makhluk misterius ini diceritakan hidup di Telaga Ngebel. Sosoknya yang raksasa mampu menimbulkan gelombang besar yang mampu menenggelamkan kapal-kapal nelayan.

Agar tidak mengganggu Baru Klinting, para nelayan biasanya mengadakan ritual tertentu. Tujuannya agar Baru Klinting tidak marah dan menenggelamkan kapal mereka.

Kesimpulan

Mitos gunung Wilis merupakan salah satu yang terbanyak di antara gunung lain di Indonesia. Walaupun pemandangan indah dan asri, namun sebagai pengunjung alangkah baiknya menjaga sopan santun dan menghormati adat istiadat sekitar.